Mantan Timses Jokowi: Blusukan SBY Cuma Kosmetik!

Mustholih, Okezone · Sabtu 05 Januari 2013 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 05 339 741691 XDXPXNTG2S.jpg

JAKARTA - Mantan anggota tim sukses (timses) Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta lalu, Eva Kusuma Sundari, menilai gaya blusukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya sebagai alat untuk mempercantik kebijakan politiknya di 2013.

"Jadi blusukannya (cuma) kosmetik, karena tidak sesuai dengan politik budget dia," kata Eva, sapaan akrabnya, dalam pesan singkat kepada Okezone, Jumat malam.

Menurut Eva, angka kemiskinan justru makin parah selama kepemimpinan Presiden Yudhoyono. Dia mengatakan indeks percepatan penghapusan kemiskinan juga paling lambat dibading zaman Presiden Megawati Soekarno Putri. "Syok sekali bahwa ternyata selama pemerintahan SBY kedalaman kemiskinan makin parah, dan percepatan penghapusan kemiskinan paling lambat (dibanding zaman Megawati)," terangnya.

Sebagai Presiden, Eva mengatakan, Yudhoyono sudah mengeluarkan Rancangan Anggaran Pendapan dan Belanja Negara 2013 yang tidak pro terhadap rakyat. "RAPBN 2013 sudah digodok dan politik budgetnya makin memiskinkan orang miskin dengan rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL)," ungkap perempuan yang duduk sebagai anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat ini.

Selain itu, Eva menambahkan, Pemerintah juga masih mempercayakan pihak asing untuk mengelola tambang di Indonesia. Sehingga, kata Eva, akibat kebijakan tersebut melahirkan kantong-kantong kemiskinan di daerah-daerah tambang. "Percuma juga (blusukan) karena politik pembawaan SBY malah tidak mengarah ke (percepatan penghapusan kemiskinan) sana," terang Eva.

Seperti diketahui, usai melihat Kantor Kas BRI dan mengunjungi dermaga di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Presiden Yudhoyono dan istrinya, Ani Yudhoyono menyempatkan diri berkunjung ke tempat pelelangan ikan, kemarin pagi.

Presiden sempat melihat-lihat ikan laut dengan berbagai jenis yang sedang dilelang. Tak lama berselang, SBY tiba-tiba naik ke atas kursi kayu sehingga warga bisa melihat orang nomor satu itu. SBY juga menyempatkan berbincang dengan warga yang sudah menyemut mengelilinginya. Akibat kunjungan tersebut, Camat Teluk Naga sempat kena semprot presiden.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini