Share

'Virus' Blusukan Jokowi Menular ke Medan

Wahyudi Siregar, Okezone · Jum'at 11 Januari 2013 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 11 340 744899 jAGsPiE05C.jpg Wali Kota Medan Rahudman Harahap saat blusukan (foto: Wahyudi S/Okezone)

MEDAN - Serasa tak ingin kalah pamor dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, rajin mendatangi warganya. Dia beralasan kunjungan langsung ke warga untuk menampung aspirasi masyarakat.

Namun, berbeda dengan Jokowi yang berperawakan tenang, Rahudman justru lebih emosional, seperti Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam merespon temuan di lapangan.

Hari ini, Jumat (11/1/2013), Rahudman blusukan ke permukiman warga di Jalan HM Yamin, Kecamatan Medan Timur. Dia sempat memarahi bawahannya. Kemarahan Rahudman muncul saat mendapati empat unit bangunan rumah toko (ruko) berlantai tiga sedang dalam proses pembangunan.

Rupanya, bangunan tersebut dinilainya mengabaikan estetika kota. Selain dipagar seng yang sudah ringsek dan hampir tumbang, timbunan tanah bekas korekan dan potong-potongan kayu dibiarkan oleh pengembang berserakan di trotoar, sehingga menyebabkan sekitar bangunan tampak kumuh dan kotor.

“Kau lihat ini, mengapa tumpukan pasir dibiarkan di sini? Sudah itu kau lihat di sana, mengapa pagar seng yang  sudah mau roboh pun kau diamkan? Berarti kau enggak keliling, jadi apa saja kerja kau? Jangan sampai saya lihat tumpukan pasir ini lagi! Kau harus rajin mengawasi wilayahmu,” bentak Wali Kota kepada Camat Medan Timur, P Pasaribu.

Orang nomor satu di Kota Medan itu langsung memanggil pengawas bangunan. Masih dalam keadaan emosi, dia meminta pekerja membongkar pagar seng, serta merapikan material bangun yang berserakan. “Tak ada perasaan kalian. Boleh dipagar seng tapi buatlah dengan baik dan dicat. Masak bangunan di inti kota, pagarnya dibuat seperti ini,” cetusnya.

Sadar dimarahi, sejumlah pekerja langsung memenuhi perintah Rahudman, bersama camat setempat dan petugas Pamong Praja. Sementara Rahudman, memandori langsung pekerjaan yang mereka lakukan hingga selesai. Kemudian dia melanjutkan blusukan dan menyalami warga.

Dulhamsyah (44), seorang warga, mengaku senang atas kehadiran Wali Kota Medan. Menurutnya, meski sedikit mencontoh cara Jokowi, namun perubahan yang ditunjukkan mantan Sekda Tapanuli Selatan itu merupakan sikap positif. 

“Apalagi kalau Pak Wali Kota bisa seperti Jokowi, langsung menyelesaikan masalah di lapangan. Jadi kita enggak lagi direpotkan sama prosedur di kelurahan dan kecamatan yang sering kali malah membuat urusan semakin repot dan mahal,”harapnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini