Nama Pulau Sama, Indonesia-Singapura Perlu Bicara

Risna Nur Rahayu, Okezone · Senin 21 Januari 2013 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 21 340 749183 4a36s6f4TK.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Gembar-gembor pencaplokan pulau terluar Indonesia oleh Singapura sudah dibantah oleh Kementerian Luar Negeri. Kebetulan, Indonesia dan Singapura mempunyai nama pulau sama, namun lokasinya berbeda, yakni Semangkau.

Menyikapi itu, Pakar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana meminta pemerintah melakukan pembicaraan agar dugaan serupa tidak terulang lagi. "Kedepannya diupayakan jangan ada nama yang sama. Harus ada pembicaraan antara dua negara untuk menyelesaikan," kata Hikmahanto saat dihubungi Okezone, Senin (21/1/2013).

Dia melanjutkan, Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani, juga tidak dapat disalahkan. Menurut Hikmahanto, bisa jadi gubernur tidak mengetahui adanya pulau milik negara lain yang namanya sama. Pulau Semangkau yang dihuni sembilan kepala keluarga itu masuk wilayah Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Batam.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Kepri, HM Sani, akan melayangkan surat kepada Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, atas pencamplokan pulau di wilayahnya. Sani juga akan menindaklanjuti pencaplokan pulau tersebut ke Konsulat Singapura.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini