Share

ITS Turun Tajam di Webometrics 2013

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 08 Februari 2013 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 08 373 758985 zzaRZ3Aorw.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Sama seperti sebelumnya, Webometrcis kembali meluncurkan daftar situs perguruan tinggi paling populer. Secara keseluruhan, dalam pemeringkatan versi Januari 2013 se-Indonesia, banyak perguruan tinggi yang merangkak naik.  

Seperti halnya Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kedua perguruan tinggi tersebut menanjak empat peringkat dari posisi mereka sebelumnya. Undip kini menempati posisi enam sementara UB berada di peringkat lima.

 

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Tidak hanya itu, Universitas Gunadarma (Gundar) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) juga naik peringkat. Naik dua peringkat, Gundar berhasil menggantikan posisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di posisi empat. Sementara ITB pun naik satu peringkat membayangi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di posisi puncak.

 

Sementara itu, dua universitas tampak nyaman berada di posisi mereka dari pemeringkatan sebelumnya. Mereka adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang menempati posisi puncak, sementara Institut Pertanian Bogor (IPB) bertengger di tempat ketujuh.

 

Peringkat 10 besar se-Indonesia kali ini mendapat pendatang baru, yakni Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Sebab, pada pemeringkatan Juli 2012, kedua perguruan tinggi tersebut tidak masuk dalam 10 besar.

 

Kedatangan dua tamu baru ini pun terpaksa mendepak Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surabaya. Kedua universitas yang menempati posisi lima dan sembilan pada pemeringkatan Juli 2012 terpaksa hengkang dari jajaran 10 besar laman perguruan tinggi terpopuler se-Indonesia.

 

Walaupun sebagian besar perguruan tinggi berhasil meningkatkan keeksisan laman kampus mereka, ada pula universitas yang harus berlapang dada karena turun peringkat. Sebut saja Universitas Indonesia (UI) yang terpaksa turun satu peringkat dan kini menghuni posisi ketiga.

 

Selain itu, perguruan tinggi asuhan Rektor Triyogi Yuwono, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terpaksa harus mengalami penurunan tajam. Dari peringkat empat, kini ITS merosot di posisi delapan.

 

Berikut 10 laman perguruan tinggi tereksis se-Nusantara seperti dilansir laman Webometrics, Jumat (8/2/2013).

 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

3. Universitas Indonesia (UI)

4. Universitas Gunadarma (Gundar)

5. Universitas Brawijaya (UB) Malang

6. Universitas Diponegoro (Undip)

7. Institut Pertanian Bogor (IPB)

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

9. Universitas Padjadjaran

10. Universitas Airlangga (Unair)

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini