Share

Pesawat Kepresidenan Serbia Hampir Dijatuhkan dengan Sengaja

Wahyu Dwi Anggoro, Okezone · Jum'at 15 Februari 2013 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 15 414 762442 5xGiTNkIpY.jpg Foto: Orange

BEOGRAD – Aparat Serbia menyatakan, pihaknya berhasil mencegah aksi sabotase terhadap satu pesawat kepresidenan Serbia, Ivica Davic. Plot tersebut bertujuan untuk menjatuhkan pesawat yang rencananya akan ditumpangi oleh pemimpin Serbia.

“Sabotase itu dilakukan dengan cara merusak sistem yang ada di pesawat tersebut. Kerusakan itu akan menyebabkan pesawat jatuh di tengah perjalanan,” sebut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Serbia, seperti dikutip Reuters, Kamis (15/2/2013).

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Pihak Kementerian Dalam negeri sendiri tidak mengetahui tepatnya untuk siapa sabotase itu ditujukan. Pesawat Kepresidenan yang bermasalah itu rencananya akan digunakan oleh Presiden Tomislav Nikolic, Perdana Menteri Ivica Davic, dan Ketua Partai SNS yang berpengaruh di Serbia, Aleksandar Vucic.

Sebagian pihak menduga plot tersebut utamanya ditujukan kepada Perdana Menteri Davic. Davic saat ini sedang menghadapi skandal politik karena dituduh memiliki hubungan dengan gembong narkoba di Serbia.

Namun ada juga yang menduga kelompok kriminal yang melakukan sabotase mengincar Vucic. Selama ini ketua partai SNS itu memang terkenal dalam aktivitasnya dalam memberantas aksi kejahatan di Serbia.

Serbia sejak terpecahnya Yugoslavia tahun 90-an silam memang masih berkutat dengan ketidakstabilan politik dan maraknya kriminalitas. Perdana Menteri Zoran Dijindjic yang menggantikan Slobodan Milosevic tewas tertembak pada tahun 2003 lalu oleh mantan pasukan khusus Serbia yang bekerja sama dengan mafia.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini