nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PAN Akan Tetapkan Caleg Perempuan di Urutan Pertama

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Minggu 10 Maret 2013 00:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 03 10 339 773590 mG3JssRK6d.jpg ilustrasi

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) berencana menempatkan 30 persen calon anggota legislatif (caleg) perempuan pada Pemilu 2014 mendatang.

 

Menurut Ketua Badan Pemberdayaan Perempuan (BPP) DPP PAN Welya Safitri, pemenuhan caleg perempuan ini menunjukan keseriusan partai besutan Hatta Rajasa ini sangat serius membela hak kaum hawa.

 

"BPP DPP PAN sangat concern untuk meningkatkan kualitas perempuan di legislatif. Karena itulah, kita melaksanakan Temu dan Pembekalan Bacaleg PAN," kata Welya, dalam keterangannya, Sabtu (9/3/2013).

 

Dikatakannya, penetapan 30 persen caleg perempuan di nomor urut satu, akan disahkan dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan digelar dalam waktu dekat ini. “Karena ini memang sudah menjadi kebijakan yang diambil oleh Ketua Umum DPP PAN, Bapak Hatta Rajasa, yang memprioritaskan 30 persen caleg perempuan untuk berada di nomor urut atas,” ujarnya.

 

Welya berharap, semua caleg perempuan dari PAN mempunyai kualitas yang baik di semua tingkatan kepengurusan PAN. "Kegiatan ini adalah bentuk keseriusan PAN dalam memenuhi target kuota perempuan di legislatif. PAN berharap Bacaleg yang diusung nanti tidak hanya sekedar memenuhi syarat, tetapi benar-benar caleg yang berkualitas," tandasnya.

 

Dia menambahkan, PAN sebagai partai reformis menunjukkan komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan publik.

 

Pada pemilu 2004, sambung dia, jumlah perempuan di DPR hanya sebanyak 61 orang atau 11,5 persen. Sedangkan hasil Pemilu 2009 jumlahnya meningkat menjadi 101 orang atau 18,04 persen.

 

"Partai Amanat Nasional (PAN) menyadari keberadaan perempuan dalam proses perumusan dan pengambilan keputusan strategis terus meningkat. Hal itu bisa terlihat pada keterwakilan perempuan," pungkasnya.

(cns)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini