Eks Koruptor Boleh Jadi Caleg, Asal...

Catur Nugroho Saputra, Okezone · Kamis 14 Maret 2013 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 14 339 775756 7knyLXjqDD.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan mantan narapidana, tak terkecuali napi kasus korupsi dan narkoba, untuk ikut mendaftar sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2014 mendatang, dengan beberapa catatan.

Salah satu syaratnya, menurut Komisioner KPU, Sigit Pamungkas, para bekas napi ini harus bebas lima tahun sebelum penyelenggaraan Pemilu.

"Mereka memiliki waktu lima tahun sebelum menjadi caleg, dengan melampirkan surat dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan dan pernyataan tidak melakukan tindak kejahatan tersebut melalui media massa," kata Sigit di Kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (13/3/2013).

Dikatakan Sigit, aturan “masa tenang” lima tahun bagi napi untuk menjadi caleg berdasarkan amanat UU Pemilu No. 8 tahun 2012. "Tapi asumsi kita boleh jadi lima tahun itu sudah cukup waktu individu yang bersangkutan memperbaiki perilakunya," ujar dia.

Namun, sambung Sigit, masa lima tahun tidak berlaku bagi tahanan yang bebas dikarenakan alasan politik. "Bagi tahanan politik (tapol) tidak memerlukan masa lima tahun tersebut," tambahnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini