nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK: Century Tak Bisa Tuntas Tanpa Kerjasama Internasional

Arpan Rachman, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2013 16:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 03 14 339 775863 tkCJyQBDbv.jpg

MAKASSAR - Penuntasan mega skandal Bank Century masih tersendat. Perburuan asetnya juga tidak kunjung selesai.

 

Ketersendatan yang amat menghambat kasus korupsi bernilai triliunan rupiah itu ditanggapi mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK). JK berharap Timwas Century bekerja lebih serius.

 

“Kasus Century tidak bisa tuntas tanpa kerjasama internasional. Karena penjahatnya di sana tergolong pintar membolak-balik aset,” tutur JK kepada wartawan di Makassar, Kamis (14/3/2013).

 

Tokoh yang terkenal karena perannya sebagai juru damai berbagai konflik kekerasan dari Poso, Aceh, sampai Myanmar itu masih merasa optimistis kasus Century bisa dibongkar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

Menyikapi kendala serius yang diungkapkan Duta Besar Indonesia untuk Swiss Djoko Susilo bahwa pihak Kedubes RI di Swiss selama setahun terakhir ini tidak dilibatkan oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana dalam perburuan aset Bank Century, JK bersikap bijak.

 

“Kita musti dengar penjelasannya Denny sendiri dulu. Kenapa dia begitu? Apa benar dia begitu?  Saya tidak yakin (preseden tersebut) by design, tetapi mungkin berbeda dalam soal cara kerjanya saja,” ucap JK.

 

Dalam urusan kasus Century sendiri, JK sudah dua kali dipanggil DPR RI untuk didengarkan kesaksiannya selaku pejabat Presiden ketika keputusan bailout diambil pemerintah. “Dua kali dipanggil itu sudah cukup,” pungkasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini