nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Lokon Meletus Tiga Kali Pagi Tadi

Efendi Labenjang, Jurnalis · Senin 25 Maret 2013 11:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 03 25 340 780911 pCSnYv21C9.jpg Ilustrasi

TOMOHON - Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus. Letusan yang terjadi pagi tadi itu, mengeluarkan bedu vulkanik setinggi 2.000 meter yang terlihat hingga Manado.

Berdasarkan rekaman CCTV milik tim vulkanologi di pos pemantau, gunung api aktif itu meletus sebanyak tiga kali, yakni pukul 05.10 Wita, 05.12 Wita, dan terakhir pukul 07.30 Wita.

Letusan tersebut menyemburkan abu vulkanik ke arah selatan Kota Tomohon. Beberapa pemukiman warga di tiga kelurahan dilaporkan terkena dampak letusan, tertutupi abu sekira empat milimeter. Daerah itu meliputi Kelurahan Walian, Matani Woloan, dan Kelurahan Woloan.

Berdasarkan informasi dari Pos Pemantau Gunung Lokon, peningkatan aktivitas gunung tersebut sudah terlihat sejak kemarin. Kegempaan yang terekam dalam seismograf terus terjadi dengan amplitude 0,5 - 6 milimeter.

“Potensi letusan masih bisa terjadi melihat aktivitas gempa yang masih berlangsung,” ujar Farid Bina, petugas vulkanologi di pos, Senin (25/3/2013).

Dia melanjutkan, warga sekitar gunung belum perlu mengungsi, namun di radius 2,5 kilo meter dari Kawah Tompoluan, harus streril dari aktivitas warga. Status Lokon kini berada di level III atau Siaga.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini