Sang Rengganis Unesa Siap Berlaga di KRI

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 01 April 2013 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 01 373 784615 aZ4BsLmhFa.jpg Ilustrasi: ist.

JAKARTA - Sebagai tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) telah menyiapkan robot terbaik mereka. Bahkan, Rengganis Robotic Club di bawah naungan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Unesa menargetkan masuk tingkat nasional.

Sampai saat ini, persiapan Sang Rengganis mencapai 60-70 persen. Sejak dibukanya Open Recruitment pada 27 November silam, kru Rengganis Robotic Club (RRC) yang terdiri atas tujuh orang sebagai tim teknis, empat pembimbing yang merupakan alumni mahasiswa FMIPA Unesa, dan enam orang tim non-teknis itu bekerja keras untuk mempersembahkan karya terbaik.

Dalam kontes yang akan berlangsung pada 26–28 April 2013 itu, Rengganis Robotic Club akan menerjunkan dua robot, yaitu robot manual dan robot otomatis. Robot manual adalah robot yang akan dikendalikan oleh operator. Sedangkan robot otomatis adalah robot yang sudah diprogram sesuai kebutuhan.

"Di regional IV memang saingannya sangat ketat di antaranya ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)," ujar Ketua RRC Iksanudin Saputro, seperti dikutip dari laman Unesa, Senin (1/4/2013).

Meski menyadari saingannya begitu berat, mahasiswa Jurusan Fisika 2010 itu optimistis mampu menembus tingkat regional. Dia pun meminta doa dan dukungan segenap civitas academica Unesa untuk dapat sukses di ajang KRI.

"Tapi kami berusaha untuk tembus sampai tingkat nasional. Yang terpenting mohon doanya dari teman-teman. Mahasiswa juga bisa menjadi supporter dalam kontes yang akan diselenggarakan di GOR kebanggaan Unesa, yaitu GOR Bima," tuturnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini