Mahasiswa UI Resah Bidikmisi Belum Cair

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Selasa 02 April 2013 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 02 373 785092 ikKhDsxXBz.jpg Ilustrasi: ist.

DEPOK - Hingga saat ini, sejumlah mahasiswa penerima dana beasiswa Bidikmisi masih mempertanyakan pencairan dana bantuan studi mereka. Mahasiswa mendesak pemerintah agar segera mencairkan dana beasiswa program Bidikmisi.

Salah satu mahasiswa yang mengaku belum menerima dana beasiswa Bidikmisi adalah Tara Auliani. Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) ini mengaku belum menerima dana bidik misi sejak Desember 2012.

"Sampai sekarang belum keluar juga, enggak tahu alasannya kenapa. Padahal saya butuh untuk biaya kuliah," ungkap Tara kepada Okezone, Selasa (2/4/2013).

Sementara itu, Wakil Rektor UI bidang Akademik Muhammad Anis mengaku tidak mengetahui persis soal belum atau sudahnya pencairan dana Bidikmisi tersebut. Sebab, dana tersebut langsung ditransfer ke rekening tiap mahasiswa.

"Bukan kami (universitas-red) yang menyalurkan. Keterlambatan ini mungkin karena ada penundaan persetujuan anggaran tiga kementerian di DPR. Tapi setahu saya sudah cair," ungkap Anis.

Anis menambahkan, sedikitnya setiap tahun terdapat 600 mahasiswa UI yang memperoleh jatah beasiswa Bidikmisi. Mekanisme pencairan dana, kata dia, saat ini dilakukan enam bulan sekaligus dan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa per semester.

"Sabarlah, pasti cair. April pasti cair," tegasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini