Merasa Jago Renang? Ikut Liga Saja

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Selasa 09 April 2013 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 09 373 788424 mMlV3Unxe1.jpg (Foto: League of Inter School and Collegiate Aquatic/LISCA)

JAKARTA - Punya hobi renang? Atau bahkan ngerasa paling jago berenang di kolam bila bertanding dengan teman? Nah, ajang ini pas buat kalian yang ingin menyalurkan bakat renang.

JakartaQuatics Antasena (JAQ) Swimming untuk pertama kalinya menyelenggarakan liga renang bagi pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Seru kan? Di samping bakat terpendam bakal tersalurkan, kalian juga bisa menuai prestasi dari olahraga ini.

Pertama kalinya juga, liga akuatik antarsekolah dan universitas atau League of Inter School and Collegiate Aquatic (LISCA) di Indonesia ini akan digelar. Acara ini diselenggarakan pada 7 April 2013 di Universitas Pelita Harapan Olympic Pool merupakan olahraga air pertama untuk atlet pelajar atau mahasiswa di Indonesia. JAQ Swimming sendiri didirikan oleh mantan atlet dan profesional di 2004 silam.

Director of Universitas Pelita Harapan Sport Department Stephen Metcalfe, ME menjelaskan pentingnya bersekolah sambil mengembangkan bakat seperti renang dengan menyebarluaskannya melalui liga renang di antara sekolah dan universitas.

"Pada 2012, JAQ Swimming berbagi tujuannya masing-masing dengan kami, ternyata memiliki tujuan sama untuk pentingnya sekolah sambil mengembangkan bakat supaya passion setiap masing-masing anak akan terasah bakatnya. Kami sepakat bersma-sama untuk memperkenalkan lebih jauh lagi olahraga renang ini antara sekolah dan kampus," tukasnya, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Selasa (9/4/2013).

JAQ Swimming ini, menginisisasi liga akuatik atlet pelajar atau mahasiswa untuk mendorong agar perenang yang bersekolah bisa mendapatkan nilai akademik yang baik pada karir olahraga untuk tujuan profesionalnya, JAQ Swimming memiliki program JAQ School League Invitation untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) supaya mengembangkan prestasi di dunia olahraga.

Executive Head Coach & Chairman of JAQ Swimming Wisnu Wardhana, Bsc memaparkan, kegiatan ini belajar dari kesuksesan mengajak kepada atlet muda Indonesia dalam mengejar impiannya sebagai atlet profesional.

"Kami mengajak para atlet muda Indonesia untuk menggapai mimpinya menjadi atlet renang dan tetap memiliki prestasi di sekolahnya, sehingga karir olahraganya sudah selesai, mereka bisa sukses di bidang lainnya," tuturnya.

Asal tahu saja, pada 6-7 April dalam seri 1 LISCA musim 2013 yang diikuti oleh 12 perguruan tinggi negeri dan swasta, dan delapan sekolah menengah atas. Tahun ini pula, LISCA fokus pada olahraga renang dan eksibisi Polo Air, kemudian pada 2014 mendatang LISCA sudah direncanakan memasukkan Polo Air dan Fin Swimming dan hadiahnya dalam bentuk pelatihan, beasiswa dan freelance di tempat mitra kerja.

Wisnu berharap, rencana perkumpulan alumni para atlet, bisa berhasil dalam berprestasi dan pastinya sukses, dan mempromosikan prestasi olahraga dengan akademik.

"Rencananya kami membuat perkumpulan alumni para atlet  LISCA, saat mereka berhasil mencetak prestasi dan sukses juga di karir lainnya, mereka akan membantu untuk mempromosikan pentingnya prestasi olahraga sejalan dengan prestasi akademik," imbuhnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini