UNS Terpaksa Talangi Bidikmisi Rp5,4 M

Bramantyo, Okezone · Selasa 09 April 2013 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 09 373 788687 4Y0pvJZAbU.jpg Ilustrasi: ist.

 SOLO – Sejak tiga bulan lalu, dana Bidikmisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mandek dan belum dikirim ke mahasiswa penerima. Akibatnya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpaksa menalangi terlebih dahulu dana Bidikmisi untuk mahasiswanya sebesar Rp5,4 miliar.

"Dana talangan tersebut siap dikucurkan bagi 1.820 mahasiswa penerima bidikmisi yang sejak bulan Januari hingga Maret 2013 belum cair," jelas Pembantu Rektor III UNS Dwi Tiyanto kepada Okezone di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2013).

Ke-1.820 mahasiswa penerima Bidikmisi tersebut adalah penerima beasiswa angkatan 2010 hingga 2012. Masing-masing penerima beasiswa mendapatkan dana Rp1 juta per bulan. Dana tersebut terdiri dari Rp400 ribu untuk biaya pendidikan dan Rp600 ribu untuk biaya hidup.

"Dana talangan tersebut dipinjam dari dana Badan Layanan Umum (BLU) UNS. Kami memang harus siap menalangi, biar kegiatan perkuliahan penerima Bidikmisi tidak terganggu," imbuhnya.

Dwi menjelaskan, debfab tersedianya dana talangan itu, maka penerima Bidikmisi yang membutuhkan bisa meminjam uang ke kampus. Pinjaman bisa disampaikan melalui fakultas masing-masing atau bidang kemahasiswaan universitas.

Salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi di UNS adalah Isna Mylani. Dia mengaku sangat terganggu akibat belum cairnya dana Bidikmisi.

"Terutama menyangkut biaya hidup sehari-hari," kata mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini