"Pimpinan KPK Inisial BW Tutupi Kasus Century"

Bagus Santosa, Okezone · Jum'at 12 April 2013 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 11 339 790180 ZbL3fSMuIl.jpg Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto

JAKARTA - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Century, Fahri Hamzah menyebut pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) inisial BW sengaja menutupi kasus bailout Bank Century. Tudingan itu muncul karena BW pernah menjadi kuasa hukum Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Bagaimana kasus ini disembunyikan dalam KPK, karena dalam pimpinan KPK ada bekas lawyer LPS, BW," kata Fahri, di sela acara Milad ke-15 PKS, di Aula Birawa, Komplek Bidakara, Pancoran, Jakarta, Kamis (11/4/2013) malam.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menjelaskan, dugaan adanya pelanggaran bisa dilihat dari Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) yang diberikan Bank Indonesia.

"Kita lihat saja konstruksinya 14 November 2008. Mungkinkah uang mengalir dari BI tanpa permintaan, kan disitu tidak ada permintaan. Uang keluar dari kas negara itu ada aturannya dong," paparnya.

Indikasi adanya pelanggaran, tambahnya, karena waktu pencairan dana juga sangat singkat. Padahal, dana yang dikeluarkan juga bukan sedikit. "Penyerahan uang sudah muncul dalam waktu 5 jam 30 menit. Ngurus kredit dimana yang bisa secepat itu?," tanyanya.

Atas temuan-temuan itu, Fahri menilai, ada upaya dari oknum pimpinan KPK untuk sengaja menutup dan melupakan kasus Bank Century. "Saya mengindikasikan KPK bekerja sedang menutup dan melupakan kasus ini. Itu paling real," tegasnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini