nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecepatan Lion Air Capai 350 Km/Jam

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Senin 15 April 2013 15:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 04 15 337 791716 b9WVRShywq.jpg (Foto:Reuters)

JAKARTA- Kementerian Perhubungan memuji pilot pesawat Lion Air Boeing 737-800  jurusan Bandung-Denpasar yang jatuh di sekitar Bandara Ngurah Rai, Bali pada Sabtu 13 April 2013.

"Saat itu ketika pesawat hendak mendarat diketahui bahwa kecepatan pesawat adalah 350 kilometer per jam dengan posisi turun. Di sekitar lokasi pesawat jatuh ada karang-karang yang apabila tertabrak bisa fatal akibatnya," kata Dirjen Perhubungan Udara, Harry Bakti Gumay, di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2013).

Hari menjelaskan,  secara ilmiah apabila sebuah pesawat jatuh dalam kecepatan 350 kilometer per jam, semestinya pesawat itu menabrak karang tersebut. "Tapi ini tidak menabrak, berarti pilot ini memang hebat dalam mengendalikan pesawatnya sampai tidak menabrak karang itu," ungkapnya.

Masih kata Harry, jika pesawat yang membawa 101 penumpang itu menabrak karang, dipastikan pesawat tersebut dapat meledak. "Kalau sampai menabrak karang bisa meledak itu,"pungkasnya.

Seperti diketahui, pesawat Lion Air dengan nomor registrasi PK-LKS yang diterbangi Kapten M Gozali dan co-pilot Chirag Kalra,  tujuan Bandung-Denpasar mendarat darurat di laut (ditching). Pesawat itu membawa 95 orang dewasa, lima anak dan satu balita. Pesawat juga mengakut tujuh orang awak kabin. Seluruh penumpang dinyatakan selamat dalam kejadian tersebut.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini