Share

Alasan Universitas Dikerahkan Mengawasi UN

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Sabtu 20 April 2013 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 20 373 794805 4nbdt53a8H.jpg Foto: (Rachmad Faisal Harahap/Okezone)

JAKARTA - Panitia pelaksana ujian nasional (UN) 2013 meminta pihak perguruan tinggi untuk mengawasi pelaksanaan UN. Ini karena adanya kekhawatiran dari pihak universitas agar pelaksanaan UN tidak melenceng.

Adapun dalam pengawasan UN 2013, selain perwakilan dari beberapa universitas akan mengawasi berjalannya UN, guru dan dosen pun sudah pasti akan mengawasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"PT mengkhawatirkan (UN) ini tidak kredibel dalam pelaksanaannya. Khususnya SMA yang akan masuk ke PTN melalui hasil UN. Untuk itu harus ada koordinasi, semua dilibatkan, pada umumnya yang mengawasi perguruan tinggi setempat," kata Koordinator Penyelenggaraan UN Prof. Djemari Mardapi, di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (20/4/2013).

Berangkat dari hal tersebut, pihaknya menyampaikan ke Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk proses pengawasan yang diawasi universitas untuk bersama-sama membangun bangsa," lanjutnya.

Oleh sebab itu, BSNP sudah mengantisipasi jika nantinya ada kekurangan soal UN, maka di setiap sekolah sudah siap siaga mempersiapkan cadangannya.

"Distribusi naskah UN sudah ditetapkan, di mana soalnya tidak jauh berbeda dari tahun lalu. BSNP sudah mengantisipasi. Apabila soal UN kurang, ada cadangan dari kelas. Kalau tidak ada, dari sekolah lain, kalau tidak ada juga, baru di difotokopi," pungkasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini