Share

Cobain Selai Sayuran dari UNY, Nih!

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 22 April 2013 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 22 372 795431 bfRUmuSs4z.jpg Tim Creative Young Preneur pembuat selai berbahan dasar sayuran, Organic Vegetable Jam. (Foto: dok. UNY)

JAKARTA - Memang enak, deh, makan roti diolesi selai buah seperti cokelat, stroberi, jeruk, dan nanas. Tapi, apa rasanya, ya, makan roti yang diolesi selai sayuran?

Ide kreatif selai sayuran ini muncul dari benak Ahmad Prasetyo. Inovasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut tercetus dari fakta banyaknya anak-anak tidak menggemari sayuran.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain itu, para orangtua pun kesulitan untuk menyuruh anak mereka mengkonsumsi sayuran. Padahal, sayuran kaya akan serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan mereka dalam masa pertumbuhan.

Menggandeng dua rekan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Jurusan Supervisor Jaminan Mutu Pangan, Novi Kartika Sari dan Embun Novita Atmanegara; Prasetyo pun berkreasi dengan lobak, wortel dan brokoli sebagai bahan baku selai sayuran. Produk Tim Creative Young Preneur ini dinamai Organic Vegetable Jam alias OVJ.

"Dengan produk ini, kami mencoba menyuguhkan alternatif dalam mengonsumsi sayuran sehingga baik anak-anak ataupun dewasa bisa lebih menggemari sayuran," ujar Prasetyo, seperti dilansir laman UNY, Senin (22/4/2013).

Kreativitas tiga sekawan ini tidak hanya inovatif dan aplikatif, mereka juga sukses meraih Juara I dalam ITB Entrepreneurship Challenge (IEC) 2013 pada kategori Idea Canvas. Kategori ini diikuti oleh para mahasiswa yang baru memiliki ide usaha atau berjalan maksimal enam bulan. Sebagai pemenang pertama, Tim Creative Young Preneur pun berhak atas modal awal Rp25 juta dari Kementerian Koperasi dan UKM.

"Tentunya dengan modal yang didapat, kami akan terus berusaha mengembangkan produk kami agar lebih baik dan dapat memberikan kebermanfaatan yang nyata kepada masyarakat luas," imbuh Prasetyo.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini