Share

Terbesar, PKM ITS Dapat Dana Rp5,1 M

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 22 April 2013 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 22 373 795517 bYwPewGXEh.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tertinggi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Kampus di bawah asuhan Triyogi Yuwono itu akan menerima dana Rp5,183 miliar.  

Dana tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2012, ITS menerima total dana PKM sekira Rp4 miliar. Dana yang dikucurkan Dikti itu untuk membiayai 548 judul proposal dari berbagai jenis PKM di ITS. Jumlah tersebut terdiri atas 143 judul PKM Penelitian, 160 judul PKM Kewirausahaan, 56 judul PKM Pengabdian Masyarakat, 27 judul PKM Teknologi, dan 162 judul PKM Karsa Cipta.

 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kepala Badan Pembinaan Mahasiswa ITS Bambang Sampurno mengaku, sebagai penerima total dana PKM tertinggi, ITS memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan kualitas.

 

''Para mahasiswa sudah berhasil bersaing dengan sekira 40 ribu proposal di Indonesia, maka persaingan semakin berat lagi dan harus tetap semangat,'' tutur Bambang, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (22/4/2013).

 

Dia menyatakan, jumlah judul proposal PKM ITS memang mengalami penurunan. Tahun lalu, 592 judul proposal dari berbagai jenis PKM ITS berhasil didanai Ditjen Dikti. ''Meskipun mengalami penurunan kuantitas judul proposal yang didanai, peningkatan total dana ini menunjukkan kualitas proposal PKM mahasiswa ITS mengalami peningkatan,'' imbuh Bambang.

 

Menurut Bambang, peningkatan kualitas tersebut tidak terlepas dari peran laboratorium dan substansi keilmuan dalam PKM yang menjadi basis utama dalam pembimbingan. Mahasiswa, lanjutnya, harus menjadi semakin ahli dengan edukasi berbasis laboratorium.

 

Tidak hanya bagi mahasiswa, pembinaan pun dilakukan oleh pihak kampus terhadap pengampu laboratorium. ''Di akhir 2012 kemarin sudah dilakukan workshop pendamping keilmiahan untuk kepala laboratorium (kalab), dan akan berlangsung seterusnya,'' ujarnya.

 

Selain itu, monitoring dan evaluasi secara internal dilakukan sepenuhnya bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan himpunan mahasiswa. Bahkan, ITS telah menalangi dana awal sebesar Rp2 juta untuk setiap judul proposal PKM yang didanai Ditjen Dikti tahun ini.

 

Penalangan dana ini disebabkan oleh belum adanya kepastian kapan Ditjen Dikti akan memberikan dana PKM. Meski begitu, Bambang berharap agar mahasiswa tetap menjalankan PKM dengan peningkatan kualitasnya.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini