Share

BEM ITS Latih Advokasi Cegah Drop Out

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 22 April 2013 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 22 373 795645 0Yhtuc64Q4.jpg Foto : ITS

JAKARTA - Kehidupan sebagai mahasiswa diwarnai oleh berbagai cerita. Mulai dari persoalan pribadi maupun masalah finansial serta akademik.  

Mencoba mengatasi masalah akademik dan finansial, Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun mengadakan pelatihan advokasi kepada beberapa perwakilan mahasiswa. Kegiatan yang digelar selama dua hari itu bertujuan mengajarkan langkah yang tepat untuk membantu mahasiswa lain yang tengah bermasalah.

 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Mengusung tema "Care Respect and Action to Realize Student Prosperity and Independency", Kesma BEM ITS hendak menunjukkan bahwa kepedulian antarmahasiswa sangatlah penting. ''Bukan sekadar peduli, tetapi juga butuh aksi,'' papar Ketua Pelaksana Ferry Arieska, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (22/4/2013).

 

Menurut Arieska, kegiatan tersebut menekankan pada bagaimana cara untuk membantu mahasiswa yang terancam terkena drop out (DO) oleh birokrasi yang biasanya bermasalah dari segi finansial dan akademik.

 

''Di ITS, sebagian besar DO disebabkan oleh masalah akademik. Oleh karena itu, di sini kita juga mengajarkan bagaimana cara lobi yang baik dengan birokrasi,'' jelasnya.

 

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajak untuk melakukan simulasi advokasi. Peserta mendapatkan sebuah studi kasus yang harus didiskusikan dengan pihak birokrasi.

 

"Simulasi ini dilakukan guna melihat daya serap peserta terhadap setiap materi. Selain itu juga melatih kemampuan peserta agar tidak canggung saat berhadapan dengan birokrasi," urai Arieska.

 

Da berharap, peserta dapat menularkan materi yang diperoleh kepada mahasiswa lain. ''Lebih dari itu, saya juga berharap bahwa suatu saat para peserta dapat membantu mahasiswa lain yang sedang bermasalah minimal di lingkup jurusan,'' tutupnya.

 

Untuk memberikan informasi lengkap, Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni ITS  Bambang Sampurno dan Kepala Badan Akademik ITS Ismaini Zain hadir sebagai pemateri. Pada kesempatan tersebut, Bambang menyampaikan materi tentang sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sedangkan Ismaini menjelaskan mengenai alur advokasi yang ada di Badan Akademik ITS.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini