Share

Mendikbud Janji BOPTN Cair 24 April

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Senin 22 April 2013 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 22 373 795653 VavqAVu8FQ.jpg Ilustrasi: ist.

JAKARTA - Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelontorkan Rp2,7 triliun untuk alokasi anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji, BOPTN akan cair pada 24 April mendatang.

"Alokasi penggunaan BOPTN telah diatur untuk membiayai penelitian dosen dan untuk membiayai atau menyubsidi biaya operasional yang lain terutama untuk SPP, uang gedung, uang praktikum, uang wisuda, serta biaya-biaya lain yang dibayar oleh mahasiswa," kata Nuh, di Ruang DSS, Gedung A Lantai 2 Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Nuh mengimbuh, khusus untuk Universitas Terbuka (UT), dana BOPTN utamanya untuk menyubsidi kegiatan operasional yang berkaitan dengan tutorial, baik yang tatap muka maupun yang online; ujian, layanan mahasiswa luar negeri di kantong-kantong TKI yakni Hongkong, Korea, dan Taiwan; serta pembebasan biaya studi guru di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3-T).

BOPTN merupakan bantuan biaya dari pemerintah kepada PTN untuk membiayai keberlangsungan biaya operasionalnya. Artinya, masyarakat dapat mengenyam pendidikan tinggi tanpa harus dibebankan biaya perkuliahan tinggi, yang mencakup biaya operasional PTN di dalamnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini