nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivis Penumbang Soeharto Itu Kini Nyaleg

Carolina Christina, Jurnalis · Senin 29 April 2013 11:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 04 29 339 799144 ku8lsC1WZa.jpg Adian Napitupulu (Foto: Ist)

JAKARTA- Sejumlah nama aktivis tahun 98 yang juga penumbang rezim Soeharto kini turut meramaikan bursa bakal calon anggota legislatif tahun 2014 mendatang.

Para aktivis revolusioner yang semenjak tahun 1998 berdiri di garda depan menumbangkan rezim Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun kini memilih jalur konsititusional dan masuk dalam partai untuk menjadi anggota caleg. 

Mereka diantaranya adalah Adian Napitupulu yang merupakan dedengkot dan pendiri Forum Kota (Forkot). Adian masuk sebagai caleg dari PDI Perjuangan dan menempati nomor 2 untuk Dapil V Jawa Barat.

Adian dikenal sejak lama sebagai aktivis parlemen jalanan. Dirinya tak pernah mundur mengkritisi pemerintahan kendati sering ditangkap dan dipukuli aparat militer.

Adian mengaku jika kursi parlemen dan jabatan apapun sebenarnya bukanlah tujuan perjuangan tetapi alat dan tahap menuju tujuan sejati dari perjuangan yaitu kesejahteraan dan keadilan untuk seluruh rakyat tanpa diskriminasi atas dasar apapun.

Aktivis yang kini juga bertarung dalam bursa caleg adalah Masinton Pasaribu (eks FPPI). Masinton masuk dalam bakal caleg dari PDI Perjuangan untuk Dapil Jakarta II.  Masinton saat ini menjabat sebagai Ketua DPN Repdem. Dalam blogspotnya, Masinton menuliskan diri merupakan salah satu dari puluhan ribu mahasiswa yang menduduki gedung DPR/MPR menuntut Presiden Soeharto untuk mundur.

Setelah itu pada tahun 2004, bersama dengan rekan-rekan aktivis lainnya seperti Beathor Suryadi, Budiman Sudjatmiko, Masinton mendirikan REPDEM (Relawan Perjuangan Demokrasi) dan menyatakan diri masuk bergabung ke PDI Perjuangan. Itulah awal mula kiprahnya bersama PDI Perjuangan.

Selain dari PDI Perjuangan, sejumlah aktvis penumbang Soeharto ini juga masuk dalam partai lain yaitu Gerindra. Salah satu aktvis tersebut adalah Yervis Pakan. Yervis mendaftar dan masuk dari Dapil X Sulawesi Selatan dengan nomor utut 1 untuk tingkat DPRD.

Yervis merupakan aktivis dari FKSMJ yang juga menumbangkan Soeharto. Selain di FKSMJ, dirinya juga mendirikan Jaringan Kota (Jarkot) bersama Forkot karena tetap menolak Sidang Istimewa yang digelar mantan Presiden Habibie.

Yervis mengaku ikut dalam pertarungan tingkat dewan untuk meneruskan cita-cita perubahan 98 yang banyak ditelikung oleh para pahlawan kesiangan.

(crl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini