Minta M Nuh Mundur, Mahasiswa di Riau Blokir Jalan Layang

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 02 Mei 2013 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 02 340 801132 MMa7ipoVrp.jpg Poster yang dibawa mahasiswa Pekanbaru saat berunjuk rasa (Banda HT/Okezone)

PEKANBARU - Lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai universitas di Pekanbaru, Riau, berunjuk rasa menuntut agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, mundur dari jabatannya. Mereka menganggap pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMP tahun ini karut marut.

Aksi unjuk rasa dibarengi dengan pemblokiran jalan layang di dekat Jalan Jenderal Surdirman, di depan Kantor Wali Kota Pekanbaru. Akibatnya, kemacetan panjang tidak terhindarkan.

"Kita minta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, mengundurkan diri. Dia telah gagal mengemban tuas UN (Ujian Nasional)," kata koordinator aksi, Yopi Pranoto, Rabu (2/5/2013).

Mahasiswa juga menolak UN sebagai standar kelulusan siswa. "Bagi kami, UN merupakan sistem gagal menetapkan standar kelulusan pendidikan nasional," tambah Ardi Amyar, peserta aksi lainnya.

Sebelum memblokir jalan layang, mahasiswa menggelar unjuk rasa di Kantor Gubernur Riau dengan tuntutan serupa, yakni minta mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) itu mundur secara terhormat.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini