nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bak Lubang Jarum, Unsoed Jadi PTN Terketat di SNMPTN

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2013 09:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 05 31 373 815866 gsrc8baOgo.jpg Unsoed. (Foto: dokumentasi Unsoed)

JAKARTA - Jumlah daya tampung yang tersedia di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Nusantara dengan peminat sangat jauh berbeda. Dari 62 PTN di Tanah Air, pendaftar mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 di Unsoed hanya tersedia 23.988 bangku. Tidak mengherankan tingkat persaingan seleksi lubang jarum ini sangat ketat.

Pembantu Rektor I Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS mengatakan, kepercayaan publik atas Unsoed sebagai destinasi melanjutkan studi terus meningkat.

Berdasarkan evaluasi data yang diperoleh secara nasional, Unsoed masuk 10 besar nasional sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki rasio keketatan dalam seleksi masuk.

"Tercatat, pendaftar pada jalur SNMPTN tahun ini adalah 23.988. Padahal daya tampung yang akan diterima adalah 1.595 kursi. Hal ini menjadikan Unsoed masuk peringkat kesembilan dari 61 PTN yang tergabung dalam SNMPTN 2013," ujarnya seperti dikutip dari laman Unsoed, Sabtu (1/6/2013).

Dia menambahkan, pilihan calon siswa untuk studi lanjut bukanlah tanpa alasan. "Setidaknya ada sejumlah hal, utamanya adalah kualitas akademik yang mulai diperhitungkan. Tahun lalu saja, skor SNMPTN untuk kelompok IPA, Unsoed peringkat ke-16  dan untuk kelompok IPS berada di peringkat ke-8 dari 61 PTN," ucap Guru Besar Fakultas Peternakan Unsoed itu.

Kampus yang memulai eksistensinya sejak lima puluh tahun yang lalu, Unsoed terus memberikan yang terbaik lewat karya tri dharmanya, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Merintis dari hanya tiga fakultas dan sebagai jawaban atas kebutuhan pendidikan tinggi di tingkat karesidenan, Unsoed kini dengan sembilan fakultas dan satu program pascasarjana kian semakin menahbiskan diri sebagai bagian dari perguruan tinggi terkemuka di tingkat nasional dan bersiap mendunia dengan kekhasannya, yakni dalam perdesaan berkelanjutan dan kearifan lokal.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini