nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuk AASA untuk Jadi Astronot Indonesia Pertama

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2013 14:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 06 18 373 823717 nTB1MV5XVQ.jpg Foto: Dok Okezone.com

JAKARTA - Tidak semua orang bisa berkesempatan merasakan perjalanan ke luar angkasa. Apalagi mengingat Indonesia belum pernah mengirimkan perwakilannya sama sekali di luar angkasa.

 

Ingin mencatatkan rekor baru, AXE membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk merasakan berada di luar angkasa. Melalui Axe Apollo Space Academy (AASA) satu orang Indonesia terbaik mencatatkan nama mereka sebagai astronot Indonesia pertama yang ke luar angkasa.

 

"Banyak orang yang mengatakan sky is the limit. Tapi bagi AXE, sky is just a beginning. Kami ingin membuka kesempatan bagi satu orang Indonesia terpilih untuk pergi ke luar angkasa dan mendapatkan daya pikat tanpa batas," ujar Brand Managar AXE-Unilever Indonesia William Wijanarko saat peluncuran AASA di SKYE, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2013).

 

Bahkan, tidak tanggung-tanggung, AXE mendapuk salah seorang astronot, yakni Buzz Aldrin sebagai Global Ambassador AASA. Melalui tayangan video, Buzz berbagi motivasi kepada para calon astronot Indonesia.

 

"Saya mengambil keputusan berani 44 tahun lalu, sebuah perjalanan ke luar angkasa yang telah mengubah kehidupan saya selamanya. Sekarang, bersama AXE Apollo, kalian bisa mengalami semua yang saya alami," papar Buzz.

 

William menambahkan, setiap orang Indonesia dengan minimal usia 18 tahun dapat mengikuti seleksi tersebut. Langkah-langkah untuk mendaftar pun terbilang sederhana. Setelah membeli produk AXE Apollo, orang tersebut dapat melihat persyaratan registrasi melalui www.axeapollo.com.

 

"Mereka yang sudah mendaftar harus mengumpulkan dukungan terbanyak dari sosial media. 5.000 pendaftar dengan suara terbanyak dari sosial media akan menjalani proses seleksi di berbagai wilayah di Indonesia," jelas William.

 

Kemudian, dari hasil seleksi akan terpilih 30 terbaik untuk masuk national camp untuk mempersiapkan diri. Dari 30 peserta, mereka akan kembali disaring menjadi tiga. Tiga terbaik merupakan mereka yang lolos seleksi uji ketahanan fisik, mental, dan motivasi untuk mengikuti program itu.

 

"Selanjutnya, pada desember, tiga perwakilan tersebut akan dikirim ke Orlando, AS untuk menjalani AASA Global Space Camp selama empat hari. Namun, hanya satu dari tiga perwakilan tersebut yang akan berangkat ke luar angkasa dan menjadi astronot pertama Indonesia yang menjejakan kaki ke luar angkasa," imbuhnya.

 

Bekerja sama dengan Space Expedition Corporation (SXC, calon astronot Indonesia akan bergabung dengan 22 asronot lain dari seluruh dunia dalam) AASA Global Space Camp untuk mendapatkan berbagai pelatihan dan persiapan sebelum menjelajah angkasa.

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini