Parpol Gadaikan Kualitas Caleg Demi Suara

Catur Nugroho Saputra, Okezone · Kamis 20 Juni 2013 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 20 339 825019 Zv7QYM8QTA.jpg

JAKARTA - Calon legislatif (caleg) dari kalangan pesohor seperti artis dan atlet yang sempat menimbulkan pro dan kontra karena hanya digunakan sebagai pendulang suara, ternyata benar saja terjadi.

Berdasarkan temuan Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), dari 79 caleg artis yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS) 10 partai, kecuali PKS dan PKPI hanya 24 orangĀ  yang berada di nomor urut satu.

Menurut peneliti senior Formappi, Lucius Carus, fakta ini sudah membuktikan partai memang hanya memanfaatkan daya tarik pesohor untuk mendulang suara di daerah pemilihan (Dapil).

"Lagi-lagi kita berhadapan dengan partai yang menggadaikan kualitas caleg demi meraup suara dari mereka yang berkat karirnya (artis dan atlet) sudah dikenal luas di Dapil," kata Lucius di kantor Formappi, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Kamis (19/6/2013).

79 caleg pesohor ini tersebar di PAN ada 18 orang, Gerindra 15 orang, PKB 14 orang, PDIP tujuh orang, Partai Demokrat tujuh orang, Partai NasDem enam orang, PPP enam orang, Golkar empat orang dan Hanura dua orang.

Partai terbanyak yang mengusung Caleg pesohor di nomor urut satu yakni Gerindra dan PKB, masing-masing lima orang.

"Kemudian NasDem dengan empat orang, PAN tiga orang dan partai lain dua hingga satu orang," tambahnya.

Tak hanya itu, sambung dia, penempatan 24 caleg pesohor di nomor urut satu ini sebanyak 20 orang ditempatkan di Dapil pulau Jawa yang notabennya jumlah penduduk lebih banyak di Indonesia.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini