6 Helikopter Dikerahkan Padamkan Kebakaran Hutan

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Selasa 25 Juni 2013 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 25 340 827055 Y4I3hEYtom.jpg ilustrasi

PEKANBARU - Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau terus diupayakan. Hari ini ada enam helikopter dikerahkan untuk melakukan bom air di aera kebakaran.

 

Enam heli ini didapat setelah pihak sebelumnya tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya memiliki 4 heli.

 

"Dua heli terakhir bantuan dari PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper). Kita berharap dengan banyak unit akan mempercepat pemadaman kebakaran melalui udara," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Kolonel Pnb Andywan Senin (24/6/2013) di Pekanbaru Riau.

 

Sebelumnya di pokso penanggulang asap di Pekanbaru hanya tersedia 4 heli, 3 unit heli berasal dari BNPB jenis Bolco dan satu unit milik TNI AU. Begitu mendapat bantuan ini, heli langsung di kerahkan ke lokasi titik api.

 

Pantauan okezone 3 helikopter langsung terbang ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Disana terlihat heli melakukan pemadaman di beberapa areal lahan yang terbakar dengan jalan lintas Riau Sumatera Utara. Pemadaman dilakukan dengan menyiramkan air dari udara dengan tangki air yang volumenya sekitar 500 liter pertengki.

 

Heli tersebut terlihat beberapa kali mengambil air dari Sungai Rokan yang tidak jauh dari lokasi kebakaran. Pemadaman ini berlangsung hingga petang. Sementara helikopter lainnya terbang ke lokasi lain.

 

Rohil salah satu daearah parah yang terkena bencana asap. Tadi pagi hingga petang, jarak pandang hanya sekitar 400 meter. Bahkan jadwal Menteri Kelautan dan Perikanan di Rohil semua dibatalkan, karena heli tidak bisa terbang.

(cns)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini