Image

Liburan Enggak Punya Duit, Enaknya Ngapain Ya?

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2013, 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 06 26 373 827822 zUdtg3fxrV.jpg Siswa SMAN 47 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dengan memakai adat Betawi merayakan kelulusan di halaman sekolah. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Asyik, libur telah tiba! Rasanya plong banget karena sudah melewati masa sulit ujian ini dan itu.

 

Waktu liburan juga harus diisi dengan hal yang bermanfaat. Kapan lagi bisa refreshing tanpa ada tekanan kegiatan rutinitas? Sehingga saat masuk kuliah atau sekolah, bisa lebih siap dalam menghadapi babak baru.

Tetapi, liburan sebenarnya tidak selalu identik dengan hura-hura. Banyak cara yang bisa dilakukan, untuk mengisi liburan dengan hal positif tanpa merogoh kocek yang dalam. Jadi uang yang ada bisa disimpan sebagai tabungan.

Berikut ini tips dari Kampus Okezone saat ingin menghabiskan masa liburan kuliah atau sekolah:

1. Charity Time

Coba tengok lemari baju dan meja belajar. Pasti banyak buku pelajaran atau diktat yang sudah tidak terpakai karena masa tahun ajaran yang sudah lewat.  Pilah-pilah semua barang yang tidak digunakan lagi tetapi layak pakai ke dalam kardus dan berikan kepada mereka yang membutuhkan.

2. Utak-atik Kamar

Setelah membersihkan lemari dan meja, ubah lah kamar. Dengan mengubah kamar, akan memberikan atmosfer baru. Bisa diawali dengan mengubah posisi tempat tidur, lemari pakaian, dan meja belajar. Jika sempit, bukan berarti berarti tidak bisa membuat kamarmu senyaman mungkin. Dibutuhkan kreativitas untuk menyiasati ruangan.

3. Pekerja paruh waktu

Nah, yang satu ini justru bisa menambah pengalaman dan skill kamu. Carilah info mengenai pekerja paruh waktu di restoran cepat saji, media massa, atau perusahaan. Jika diterima, kamu bisa mengenal dunia kerja. Pengalaman ini bisa menjadi salah satu cara menyusun rencana hidup.

4. Reuni

Kesibukan membuat jarak dan waktu dengan teman-teman lama. Tidak ada salahnya untuk berkumpul hangout bersama di rumah atau di tempat publik seperti di taman. Jadikan momentum ini untuk bertukar pikiran dan pengalaman. Siapa tahu bisa membuat bisnis kecil-kecilan?

 5. Reformasi diri

Cara terakhir ini perlu dilakukan, untuk merenungkan perjalanan hidupmu. Ambilah kertas, tulis apa rencana kamu ke depan, target yang akan diraih, dan bagaimana cara mencapai target tersebut. Lalu realisasikan target dan raih cita-citamu.  Selamat mencoba!

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini