nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luar (Kurung) Batang

Dede Suryana, Jurnalis · Senin 01 Juli 2013 12:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 07 01 504 829996 2jJ2w9g9mw.jpg Makam Habib Luar Batang (Foto: Dony/Okezone)

KAWASAN Luar Batang berada di Kelurahan/Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Daerah yang letaknya terhimpit terusan Pelabuhan Sundakelapa dan kawasan perumahan elit, Pluit ini terkenal dengan masjid tua dan makam kramat Habib Husein Bin Abubakar Bin Abdillah Al 'Aydrus, yang tak pernah sepi peziarah.

Menurut legenda, Luar Batang berawal dari kenangan peristiwa ajaib, saat jenazah Habib Husein –seorang penyebar agama Islam di Jayakarta– hendak dibawa untuk dimakamkan di kampung halamannya, Tarim, Hadromaut, Yaman. Konon, jenazah Habib Husein raib saat hendak diturunkan ke liang lahat.

Kabar yang beredar kemudian, Habib Husein masih berada di kamarnya, yang kini makam sang Habib di Masjid An Nur atau Akrab di telinga masyarakat setempat sebagai Masjid Luar batang.

Luar Batang berasal dari kata ‘di luar kurung batang’ alias keranda. Sejak saat itulah, kawasan ini dikenal dengan sebutan Luar Batang.

Sementara menurut sejarah, kawasan itu disebut Luar Batang, karena terletak di luar batang pemgempangan atau penghalang, yang diletakkan melintang di muara Ciliwung. Pengempangan itu terbuat dari batang kayu diperkuat dengan besi.

Setiap sekoci, sampan, perahu, dan sebagainya yang akan masuk berlayar di Ciliwung menuju Kota, wajib membayar bea masuk, semacam membayar tol dewasa ini, bila kendaraan hendak memasuki jalan bebas hambatan. Kampung Luar Batang biasa juga disebut Kramat Luar Batang, karena di sana terdapat makam Habib yang dikeramatkan.

Kiprah Habib Hasan sendiri, oleh sementara orang dipercayai sebagai keturunan Nabi Muhammad yng biasa berdakwah di kota-kota pesisir utara Pulau Jawa, dari Batavia hingga Surabaya.

Ulama kharismatis itu wafat sekira tahun 1796 dan dimakamkan di luar masjid yang dibangun pada kisaran tahun 1796. Makamnya diperkokoh pada 1812. Saat dilaksanakan perluasan masjid tahun 1827, makam keramat itu dipindah ke dalam ruangan masjid. Anda tertarik berziarah ke Makam Habib Luar Batang.

*Diolah dari berbagai sumber

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini