nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Serahkan Daftar Caleg Bermasalah ke Parpol

Arief Setyadi , Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2013 02:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 07 05 339 832796 E8L57mjbyg.jpg ilustrasi

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang bermasalah ke masing-masing partai politik (parpol).

"Senin 1 Juli 2013, semua laporan sudah disampaikan ke partai politik masing-masing," kata Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiansyah saat ditemui usai diskusi di Kantor KPU, Jakarta (5/7/2013).

Ferry mengatakan, ada 253 laporan caleg bermasalah yang telah diserahkan kepada masing-masing parpol. Caleg yang dilaporkan bermasalah ada yang mencalonkan di DPR Pusat sebanyak 195 dan mencalonkan di daerah 58 orang.

"Semua laporannya sudah diserahkan kepada 12 partai politik," tukasnya.

Caleg yang dilaporkan bermasalah di antaranya terkait persoalan administrasi seperti ijazah palsu dan intergritas caleg. Ada juga yang tersangkut masalah etika dan moral. Parpol diminta mengklarifikasi ke caleg yang dinilai bermasalah tersebut.

"Ada kesempatan untuk parpol klarifikasi pada 5 hingga 18 Juli 2013," terangnya.

Kendati parpol telah mengklarifikasi laporan tersebut, kata Ferry, tetap KPU yang akan menentukan apakah caleg tersebut memenuhi persyaratan atau tidak.

"Seperti soal ijazah palsu yang apabila terbukti, bisa mempengaruhi pemenuhan syarat adiministrasi sebagai caleg," tukasnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini