nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ICW Bantah Cemarkan Nama Baik 36 Caleg yang Dirilisnya

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2013 10:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 07 06 339 832865 wsSSMJFxNL.jpg Emerson Yuntho (Foto: Runi Sari/Okezone)

JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) dengan tegas membantah tudingan melakukan pencemaran nama baik kepada 36 calon anggota legislatif (Caleg) yang diragukan komitmennya dalam pemberantasan korupsi.

Ketua Bidang Hukum ICW Emerson Yunto menyatakan, mereka tidak pernah merilis nama-nama tersebut sebagai politisi busuk atau menuliskan pesan agar tidak memilih nama-nama tersebut.

"Saya tegaskan ICW tidak pernah rilis daftar politisi busuk, pro koruptor. Yang kita sampaikan data politisi yang kita kita ragukan komitmennya dalam pemberantasan korupsi," ungkap Emerson ditemui, di Warug Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (6/7/2013).

Emerson menambahkan, ICW tidak pernah berupaya mencecar nama-nama untuk dimasukkan dalam rilis prorasuah tersebut. ICW, membuat lima kriteria atau indikasi caleg yang komitmennya dalam pemberantasan korupsi ditagukan.

"Kita tidak pernah membidik orang. Kita susun kritria dulu. Ada lima kriterianya. Kita kumpulkan bukti-bukti yang ada," jelas Emerson.

ICW juga mengklaim tetap menjunjung asas praduga tak bersalah dalam merilis 36 nama tersebut. Oleh karenanya, ICW hanya merilis nama-nama yang komitmen pemberantasan korupsinya diragukan.

"Kita bicara asas praduga tak bersalah. Makanya kita sampaikan ke publik ini daftar poltisi yang kita ragukan komitmennya," pungkasnya.

Sebelumnya, ICW melansir 36 nama caleg dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang dianggap kurang memiliki komitmen dalam pemberantasan korupsi. Mereka terdiri dari, 10 orang Caleg Demokrat, 9 orang Caleg Partai Golkar, 5 orang Caleg PDIP, 4 orang Caleg PKS, 3 orang Caleg Partai Gerindra, 2 orang Caleg PPP, 1 orang Caleg Partai Hanura, 1 orang Caleg PKB, dan 1 orang Caleg PBB.

Sejumlah caleg yang namanya dirilis ICW itu memilih menempuh jalur hukum lantaran menganggap ICW telah melakukan pencemaran nama baik. Di antaranya, Caleg Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana, Caleg Partai Golkar Bambang Soesatyo, dan Caleg Partai Hanura Sarifuddin Sudding

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini