nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPT: Potensi Terorisme di 2013 Masih Berbahaya

Arief Setyadi , Jurnalis · Selasa 16 Juli 2013 00:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 07 15 337 837421 ZpBLZo9vWj.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai memprediksi bahwa potensi kejahatan terorisme pada tahun 2013 ini masih terbilang cukup membahayakan. Oleh karenanya semua pihak harus senantiasa mewaspadai potensi ancaman itu.

"Potensi teroris di 2013, saya tidak bisa mengatakan tinggi atau rendah. Tapi, saya bisa katakan masih cukup berbahaya, kita perlu waspada dan tingkatkan kerjasama dengan semua elemen," katanya dalam diskusi bertajuk 'Perkembangan Pencegahan Terorisme' di Jakarta, Senin (15/7/2013).

 

Apalagi, di tahun 2013 ini, berdasarkan data dari Lembaga Permasyarakatan (LP) itu terdapat sekira 300 orang narapidana yang selesai menjalani masa hukumannya. Sehingga, perlu meningkatkan kewaspadaan karena dikawatirkan, ada yang kembali ke kelompoknya.

Ansyaad, menuturkan, terkait hal itu, BNPT juga telah memiliki berbagai program, seperti klinik Pancasila, berupa penyuluhan yang dilakukan oleh para psikolog, dan ulama, serta kepolisian  di dalam Lapas, serta kerjasama dengan mantan napi teroris yang kini bermitra dengan BNPT.

"Tapi tetap yang paling efektif yakni penyuluhan yang dilakukan oleh mantan Napi teroris," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini