Share

Meski Juara Survei, Jokowi Kalah Charming dari Prabowo

Aisyah, Okezone · Rabu 17 Juli 2013 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 17 339 838533 8VVoeLfzzX.jpg Prabowo Subianto (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) selalu menjadi jawara dalam sejumlah jajak pendapat lembaga survei tentang calon presiden. Namun dari segi kecakapan berbicara, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai lebih unggul dibanding Jokowi.

Demikian disampaikan pengamat politik dari LIPI, Ikrar Nusa Bhakti, dalam diskusi publik jelang Pemilu 2014 dengan tema “Menimbang Capres Sipil atau (Purn) Militer pada Pemilu 2014” di kantor Imparsial, Slamet Riyadi, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (17/7/2013).

"Dia itu berbicara dengan charming, bisa meyakinkan diplomat asing, tentang visi dia ke depan," kata Ikrar. Ikrar membandingkan sifat Prabowo pada 2004 dengan saat ini yang dinilainya sudah jauh berbeda.

"Dulu, kalau ada mahasiswa tanya tentang kasus di mana dia terlibat, dia langsung naik pitam. Sekarang, dia bisa tersenyum, bisa tenang dalam menjawab pertanyaan yang sama. Orang-orang tersihir dengan ucapan dia," ujarnya.

Kendati demikian, masyarakat harus bisa juga menilai apakah calon presiden dengan latar belakang yang mereka pilih memiliki rekam jejak yang baik. "Apakah orang-orang militer itu memiliki karier yang baik atau tidak," tutur Ikrar.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institute for Transformation Studies (Intrans), Saiful Haq, menilai hanya figur Jokowi yang mampu mengimbangi Prabowo.

"Ini adalah hasil keyakinan bahwa ada politisi sipil yang lebih baik, lebih kuat, lebih dipercaya oleh masyarakat daripada militer. Kalau ada latar belakang sipil yang punya popularitas dan track record yang lebih baik, ya akan dipilih sipil," kata Saiful.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini