Share

KPU Bali Coret Ratusan Ribu DPS

Rohmat, Okezone · Rabu 17 Juli 2013 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 17 340 838477 kwliiWnUxn.jpg Ilustrasi

DENPASAR - Setelah melakukan pemutakhiran data, KPU Provinsi Bali mencoret 203.333 nama yang masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu 2014. Banyaknya nama yang digugurkan oleh lembaga penyelenggara pemilu dikarenakan banyak sebab.

Mereka dicoret karena sudah meninggal dunia tetapi tercatat sebagai salah satu alasan. Ada juga pemilih ganda hingga anggota TNI/Polri masuk DPS. โ€œAda juga yang belum berusia 17 tahun hingga pindah domisili, namun tetap masuk DPS,โ€œ sebut anggota KPU Bali Ketut Udi Prayudi usai sosialisasi data pemilih untuk Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 di Denpasar, Rabu (17/7/2013).

Adapun jumlah pemilih sementara dari sembilan kabupaten dan kota se-Bali mencapai 2.984.320 orang. Dia menyatakan, jika pada Pilgub Bali 15 Mei lalu jumlah pemilih di TPS ada yang mencapai 600 orang, maka untuk pemilu mendatang dikurangi menjadi 500 orang.

Dasar pertimbangan, pengurangan jumlah pemilih di TPS tak lain adalah untuk lebih mengefektifkan waktu pelaksanaan. Namun untuk jumlah TPS pada pemilu, nanti ada peningkatan jumlah hingga sekira 8.000-an seiring dengan banyaknya caleg dan penambahan surat suara dan lainnya.

Diketahui pula bila dibandingkan dengan Pilgub Bali ada peningkatan jumlah pemilih hingga 58 persen. Diakuinya pada pemutakiran data pemilih Pileg dan Pilpres 2014 tidak jauh beda dengan data pemilih pada Pilgub Bali lalu .

โ€œUntuk partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Bali sebesar 74 persen. Angka ini belum memenuhi target sebesar 75 persen,โ€œ imbuhnya dalam acara yang dihadiri kalangan ormas, mahasiswa dan LSM.

Pemutakhiran data, diakuinya, sangat mempengaruhi partisipasi pemilih. Dengan kata lain, meskipun sosialisasi dilakukan sudah maksimal jika data pemilih tidak akurat, maka akan mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini