Share

Survei PDB, Prabowo-Jokowi Pasangan Capres-Cawapres Ideal

Catur Nugroho Saputra, Okezone · Kamis 18 Juli 2013 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 18 339 838649 HPQuYZFMAK.jpg Prabowo Subianto (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Tingginya elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dari hasil survei beberapa lembaga, membuat publik bertanya-tanya apakah keduanya akan berpasangan sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada 2014.  

 

Berdasarkan hasil survei Pusat Data Bersatu (PDB) bertemakan "Indonesia Mencari Pemimpin" menunjukkan jika Prabowo disandingkan dengan Jokowi sebagai capres dan cawapres keduanya bisa memanangi Pemilu dengan perolehan 20,72 persen.

 

"Pasangan Prabowo-Jokowi menjadi pasangan yang paling diinginkan oleh publik," kata Chairman PDB, Didik J Rachbini, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2013).

 

Namun, kata dia, magnet sebenarnya dari pasangan tersebut yakni Jokowi. Alasannya, mantan Wali Kota Solo ini dipasangkan dengan siapapun pasti bisa mendongkrak suara.

 

Hal ini terbukti ketika survei PDB juga memasangkan Jokowi dengan Jusuf Kalla yang memperoleh 17,13 persen, kemudian Aburizal Bakrie-Jokowi 12,52 persen, dan Megawati-Jokowi 12,34 persen.

 

"Hasil survei menunjukkan publik menginginkan Jokowi baik sebagai capres maupun cawapres," ujarnya.

 

Terkait pemasangan Prabowo-Jokowi bukan sebaliknya, Didik mengatakan karena tidak mungkin Ketua Dewan Pembina Gerindra ini mau menjadi cawapres.

 

"Survei kita memasangkan capres-cawapres yang wajar dan real saja, sama seperti Ical-Jokowi," tambahnya.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini