Share

Direnovasi, Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan IKJ Jadi Nyaman Latihan

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 01 Agustus 2013 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 01 373 845651 F5b0mL5DJz.jpg Salah satu gedung IKJ. (Foto: dok IKJ)

JAKARTA - Untuk dapat berfungsi dengan sempurna, sebuah institusi pendidikan harus memiliki fasilitas penunjang. Namun, tidak semua institusi pendidikan beruntung memiliki cukup dana dalam melengkapi fasilitas pendidikan mereka secara optimal.

Salah satunya Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Kampus pencetak seniman ternama di Indonesia itu ternyata memiliki kondisi fasilitas penunjang yang cukup memprihatinkan, khususnya Fakultas Seni Pertunjukan (FSP). Hal tersebut yang mendasari Bakti Budaya Djarum Foundation melakukan renovasi terhadap beberapa bagian FSP IKJ.

Follow Berita Okezone di Google News

"Ini tadinya bukan program kami. Bermula dari keprihatinan kami melihat IKJ telah menghasilkan banyak seniman hebat tapi fasilitas di sana keadaannya memprihatinkan, keramik pecah dan langit-langit bolong. Padahal IKJ jadi tempat Indonesian Dance Festival (IDF) pada 2012, lalu yang akan kedatangan koreografer dari luar, masa lihat keadaan seperti itu," ujar Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adam, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2013) malam.

Pelaksanaan renovasi yang memakan waktu enam bulan itu disambut positif oleh pihak IKJ. Salah satunya datang dari Dosen Tari IKJ Nungki Kusumastuti. Dia mengaku, renovasi yang dilakukan terhadap fasilitas tersebut membuat para mahasiswa merasa nyaman untuk berlatih.

"Saya dosen yang juga penari jadi saya juga suka latihan. Di tempat itu banyak lantai yang sudah tercongkel dan membuat gerakan terasa tidak nyaman. Tapi sekarang, dengan kondisi yang lebih baik, rasanya nyaman dan bisa latihan dengan maksimal. Bisa menumbuhkan kreativitas dan semangat untuk latihan," papar Nungki.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini