nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diklat Profesi Guru Bakal Dihapus

Bramantyo, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2013 18:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 08 19 373 851740 lF9TZLjwPM.jpg Ilustrasi: guru mengajar di kelas. (Foto: dok. Okezone)

SOLO – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemendikbud, Syawal Gultom, menyatakan, Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) akan berakhir pada 2014. Setelah periode itu, PLPG akan dihapus.

"Sebagai gantinya, mulai 2015 diganti Pendidikan Profesi Guru (PPG)," ungkapnya kepada wartawan, di seusai kegiatan pembekalan asesor PLPG 2013 di Kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

Syawal Gultom menyatakan, jalur PPG merupakan salah satu paket sertifikasi guru selain portofolio dan PLPG.  Jalur itu nantinya ditempuh selama satu tahun di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara program keguruan.

Guru yang memiliki TMT (Terhitung Mulai Tanggal) setelah 2005 merupakan sasaran prioritas jalur PPG. Karena jumlah guru yang memiliki TMT sebelum 2005 tinggal sedikit dan proses sertifikasinya bakal diselesaikan 2014 mendatang.

Sejauh ini ada sekira 250 ribu guru yang akan mengikuti sertifikasi tahun depan bisa terselesaikan. Ratusan ribu guru tersebut merupakan guru yang diperkirakan tidak lulus ujian kompetensi guru (UKG) tahun 2013 ini.

"Kami optimistis guru sebanyak itu bisa terselesaikan," ujarnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini