Share

Menteri Pendidikan Finlandia Seleksi "Partner" di Indonesia

Margaret Puspitarini, Okezone · Rabu 21 Agustus 2013 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 21 373 853207 H29CnokY1p.jpg Menteri Pendidikan dan Sains Republik Finlandia Krista Kiuru. (Foto: valtioneuvosto)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Sains Republik Finlandia Krista Kiuru menyambangi Indonesia untuk mempromosikan kerjasama yang bisa terjadi di antara dua negara dalam bidang pendidikan.

Tidak sendirian, dalam kunjungan kali ini Kiuru juga mengajak sejumlah institusi pendidikan terkemuka di Finlandia untuk menjalin kerjasama dengan beberapa perwakilan lembaga pendidikan Indonesia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Senior Adviser Finland Trade Center Gulontam Situmorang mengatakan, ini bukan kali pertama bagi Finlandia mengadakan even serupa. Namun, kali ini konsep yang diusung berbeda dengan kegiatan sebelumnya.

"Kali ini Minister mengajak serta beberapa industri pendidikan termutakhir di Finlandia untuk berinteraksi langsung dengan lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi Indonesia. Mereka sendiri yang akan mencari partner yang cocok yang diajak bekerjasama," ungkap Gulontam kepada Okezone, di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2013).

Dengan kunjungan ini, kata Gulontam, kedua belah pihak bertukar pikiran dalam usaha memajukan pendidikan. Sebab, seperti diketahui, Finlandia merupakan negara dengan kualitas pendidikan nomor wahid di dunia.

"Level pendidikan per kapita Finlandia sangat tinggi. Rata-rata pendidikan masyarakat di sana adalah S-3 sementara di Indonesia mayoritas pendidikan masyarakatnya masih di bawah itu. Maka, kita bisa belajar banyak dari sistem pendidikan Finlandia," jelasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini