Share

Wuih, Ospek di UPH Pakai Flash Mob

Ivan Fadil, Okezone · Kamis 22 Agustus 2013 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 22 373 854042 T4rTYnPqaw.jpg Mahasiswa baru UPH. (Foto: dokumentasi UPH)

TANGERANG - Kalau mendengar kata ospek, biasanya para mahasiswa baru merasa takut. Di benak para mahasiswa baru bahkan masyarakat umum, ospek selalu identik dengan kekerasan dan perpeloncoan senior terhadap junior.

Tapi, ospek zaman sekarang enggak semenyeramkan itu kok. Contohnya seperti yang terjadi di Universitas Pelita Harapan (UPH). Kaya apa sih ospek di UPH? Yuk kita tengok. UPH Festival, begitulah sebutan ospek di UPH. Dengan bertemakan "Reach Higher" UPH Festival yang ke-20 ini diikuti oleh 2.500 mahasiswa baru.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"UPH Festival merupakan kegiatan kampus untuk menyambut mahasiswa baru. Perhelatan tahun ini diikuti oleh 2.500 mahasiswa baru, meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Ini merupakan rekor bagi UPH." tutur PR Section Head UPH Rosse Hutapea kepada Okezone, Kamis (22/8/2013).

UPH Festival berlangsung selama empat hari yaitu pada 21-24 Agustus 2013. UPH Festival terdiri dari serangkaian acara di antaranya open house UPH yang diikuti oleh 1.500 siswa dari SMA di Jabodetabek.

Kemudian ada pula seminar Distinguished Guest Speakers bagi mahasiswa baru, dengan pembicara Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi, SpA., M.P.H., Mayor Infantri Agus H. Yudhoyono, dan Sandiaga Uno, pendiri PT Saratoga Investama.

Selain itu, mahasiswa baru akan mendapatkan sesi sharing dengan UPH Stars dan alumni sukses UPH. UPH Stars merupakan mahasiswa UPH yang berprestasi non-akademik, sedangkan alumni-alumni yang sukses akan membagikan tips kepada para juniornya.

Tentunya selama UPH Festival mahasiswa baru akan disuguhkan oleh penampilan-penampilan dari senior mereka, seperti flash mob dan pertunjukkan perkusi, tari, olahraga dan pesta kembang api sebagai penutup serangkaian acara UPH Festival.

Mahasiswa baru dibagi ke dalam sejumlah kelompok dan masing-masing kelompok dipandu oleh seorang mentor yang berasal dari senior.

"Kami ingin mahasiswa baru merasa nyaman berkuliah di sini. Mahasiswa baru disambut oleh para seniornya, diperkenalkan dengan lingkungan kampus, serta mendapat teman baru sehabis UPH Festival ini," lanjut Rosse.

Ospek merupakan kegiatan pengenalan sistem perkuliahan dan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Pembentukan karakter dan perilaku mahasiswa dimulai dari sini. Ospek yang asyik akan berkesan positif kepada mahasiswa ke depannya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini