Hadapi Pilpres, PAN Buka Koalisi dengan Parpol Lain

Fiddy Anggriawan , Okezone · Sabtu 24 Agustus 2013 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 23 339 854775 h5i5tx00ML.jpg

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa, tanpa sungkan menyatakan akan membuka diri untuk berkoalisi menghadapi pertarungan pemilihan presiden (pilpres) 2014.

"Berkoalisi itu sebuah keniscayaan di dalam multi partai seperti sekarang ini. Jadi, kami berkomunikasi hampir dengan semua," kata Hatta kepada wartawan di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (23/8/2013).

Hatta pun membenarkan, jika partai bernomor urut delapan ini juga sudah menjalin komunikasi dengan elit-elit partai politik lainnya. Namun, dia masih enggan menyebutkan siapa saja yang sudah dirangkulnya.

"Komunikasi-komunikasi itu ada. Kalau saya ngomong enggak, itu bohong," tegasnya.

Besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga mengaku sedang fokus memenangkan pemilu legislatif (pileg) 2014. Pasalnya, jika PAN menang dalam pileg, jalan Hatta untuk menuju kursi RI 1 semakin mulus.

"Bagaimana pun juga untuk mencapai pilpres adalah pileg. Kami akan fokus ke sana. Kami tidak ingin menjadikan pilpres sebagai agenda utama. Agenda utama kami adalah pileg," paparnya.

Sementara itu, politikus PAN Zulkifli Hasan memastikan Hatta Rajasa adalah calon presiden satu-satunya yang mereka usung. Menteri Kehutanan itu menyatakan, seluruh potensi PAN sudah satu suara memenangkan besan Hatta menjadi Presiden.

"Sudah final Pak Hatta capres PAN. Kami bekerja keras untuk itu. Kompak semua ya untuk menjadikan Hatta RI 1. Untuk pasangannya ya nanti. Kan masih panjang," tutup Zulkifli.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini