Mau Jadi Sarjana? 3 Tahun Cukup Kok

Ivan Fadil, Okezone · Jum'at 23 Agustus 2013 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 23 373 854328 Bmo26zw1CN.jpg Mahasiswa baru UPH. (Foto: dokumentasi UPH)

TANGERANG - Selama ini kuliah S-1 umumnya dilakoni selama tujuh sampai delapan semester atau sekira tiga setengah sampai empat tahun. Tapi, sekarang kuliah S-1 cukup tiga tahun saja tuh.

Setidaknya itu tertuang dalam sistem belajar di Universitas Pelita Harapan (UPH). Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, UPH mengenalkan sistem pendidikan baru yang bisa meluluskan mahasiswanya hanya dalam kurun tiga tahun untuk program sarjana.

"Nama sistem pendidikannya trisemester. Dalam satu tahun ada tiga semester. Kuliahnya tetap tujuh sampai delapan semester, hanya dipadatkan dalam satu tahun yang biasanya dua semester ini jadi tiga semester," ucap PR Section Head UPH Rosse Hutapea kepada Okezone, Jumat (23/8/2013).

Dalam sistem trisemester, materi kuliah yang diberikan tidak mengalami pengurangan, hanya waktu libur saja yang dipotong.

"Jadi sehabis ujian mahasiswa langsung menempuh semester yang baru tanpa harus menunggu tahun akademik baru seperti biasanya," lanjut Rosse.

Melalui sistem pendidikan baru ini, UPH mengharapkan dapat mencetak para akademisi dan profesional secara cepat dengan tidak mengurangi kualitas.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini