Share

Pemilih Golput Tanggung Jawab Caleg, Parpol & KPU

Arief Setyadi , Okezone · Selasa 27 Agustus 2013 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 27 339 856463 nAnp43mMkY.jpg

JAKARTA - Setiap pelaksanaan Pemilu tak pernah luput dari masyarakat yang enggan menggunakan hak suaranya atau dikenal dengan istilah Golput.

 

Menurut Ketua LBH Penegak Demokrasi Pemilu, Didi Supriyanto, persoalan Golput selalu identik dengan kalangan pemuda. Untuk itu, dia menilai pentingnya melibatkan pemuda dalam pelaksanaan Pemilu.

 

Kata dia, salah satu solusi yang bisa ditawarkan, yakni dengan melibatkan para pemuda dalam pesta demokrasi itu. "Kelompok muda ini salah satu solusinya harus dilibatkan dalam Pemilu, bisa dijadikan saksi, atau pengawas," katanya dalam diskusi  bertajuk Dibalik Konvensi - Caleg Harus Mawas Diri, DCT-DPT Menanti di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2013).

 

Selain kelompok muda, sambung Didi, ada kelompok lain yang juga kerap memilih Golput, yakni kelompok pemalas, untuk kategori ini memang perlu diberikan pemahaman dan sosialiasi agar bisa tetap menggunakan hak suaranya.

 

Kemudian, kelompok yang memang sengaja tidak mau datang untuk menggunakan hak suaranya. Ini juga perlu diberikan pemahaman mengenai manfaat dan tujuan Pemilu.

 

"Menurut saya, hal ini harus menjadi tugas para Caleg, Parpol, dan KPU itu sendiri. Agar tidak ada lagi pemilih yang Golput," tukas pria yang juga Caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini