Share

Unnes Rencana Ubah Sampah Jadi Sumber Energi

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 31 Agustus 2013 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 30 373 858474 SjhjoMYMW0.jpg Ilustrasi : AFP

JAKARTA - Sudah banyak instansi maupun perorangan yang memilih mengolah sampah menjadi produk baru bernilai daripada hanya didiamkan membusuk begitu saja. Salah satu cara yang dipilih Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah memanfaatkan sampah menjadi sumber energi.

Pakar konversi energi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Dwi Aries Himawanto menyebut, sampah dapat dikonversi menjadi bentuk energi dengan menggunakan sejumlah proses. Hal tersebut disampaikan dalam โ€œForum Group Discussion (FGD) Potensi Sampah Unnes Menjadi Energi Listrik,โ€ beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dwi memaparkan, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi pemilihan proses konversi. Mulai dari jenis, jumlah persediaan sampah, bentuk energi yang diinginkan, persyaratan akhir, standar lingkungan, kondisi ekonomi, hingga spesifikasi proyek.

"Untuk menghasilkan energi konversi dilakukan dua teknologi proses utama, yaitu termo-kimiawi dan bio-kimiawi/biologis. Proses termo-kimiawi meliputi pembakaran, pirolisis, gasifikasi, dan pencairan. Adapun proses bio-kimiawi meliputi digesti/pencernaan (produksi biogas), dan fermentasi/peragian (produksi etanol)," kata Dwi, seperti dilansir oleh Okezone, Sabtu (31/8/2013).

Pada kesempatan yang sama, Pakar pengolahan sampah UNS Pranoto menyampaikan, sampah merupakan berkah bagi kelompok masyarakat tertentu. Aspek penting yang perlu ditanamkan kepada masyarakat adalah membiasakan diri.

"Untuk mendidik masyarakat agar menempatkan sampah sesuai spesifikasinya perlu waktu dan tantangan berat, tetapi melalui pendekatan terus-menerus masyarakat akan sadar bahwa sampah tidak boleh disia-siakan," imbuh Pranoto.

Sebelumnya, Divisi Waste Management Badan Pengembangan Konservasi Unnes menginformasikan, berdasarkan survei Mei 2013, total produksi sampah Unnes mencapai 111 meter persegi/pekan. Sampah ini diolah melalui pengomposan, pembuatan media pembelajaran, dan sebagian besar dibuang di TPS Banaran.

Besarnya produksi sampah Unnes perlu dipikirkan pengolahan yang lebih rasional, di antaranya menjadi sumber energi listrik agar sampah Unnes mencapai nol atau zero waste. Ke depan, Unnes akan mengembangkan sistem pengelolaan sampah berbasis unit. Kemudian direkomendasikan adanya sumber energi baru dengan merancang pembangkit listrik tenaga sampah.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini