Share

Lima Sekawan Moestopo Juarai Karya Ilmiah di Turki

Rani Hardjanti, Okezone · Sabtu 31 Agustus 2013 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 31 373 858634 EHH9ps5td5.jpg Ilustrasi : dok IADS.

JAKARTA - Penelitian Camelia Dewi Hartanto, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) (FKG UPDMB), menjadi juara II pada lomba karya ilmiah organisasi mahasiswa kedokteran gigi sedunia International Association of Dental Students (IADS).

Lomba karya ilmiah tersebut diselenggarakan dalam rangka pertemuan tahunan IADS di Istambul, Turki, pada 27 hingga 31 Agustus 2013. Kegiatan tersebut berlangsung berbarengan dengan kongres organisasi dokter gigi sedunia World Dental Federation (FDI) yang dilaksanakan di tempat yang sama.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pada lomba tersebut Camelia mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai khasiat temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) dalam mempercepat penyembuhan luka dan pemulihan tulang pada penderita diabetes melitus.

Penelitiannya berjudul โ€œHealing effects of Curcuma Xanthorrhiza roxb/ in wound and bone diabetics rats (in vivo),โ€ dilaksanakan bersama rekannya mahasiswa Citra Kartika, Denanda Adyandra, dan Destiawaty Asima, serta dibimbing oleh Evie Lamtiur Pakpahan, drg, Sp Ortho.

"Saya terharu, karena ini adalah kali pertama mengikuti kegiatan internasional," ujar Camelia seperti dinukil dari situs FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Bergama), Sabtu (31/8/2013).

Menurutnya, diabetes melitus merupakan penyebab kematian nomor 12 di dunia. Sedang di Indonesia, berdasarkan data tahun 2008, menunjukkan tingkat penyakit sebanyak 5,7 persen dari penduduk.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini