Share

HMI Tidak Akan Berpihak pada Parpol atau Capres Tertentu

Tri Kurniawan, Okezone · Senin 02 September 2013 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 02 339 859544 YrbKw4FUb4.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam berjanji tidak akan berpihak pada salah satu partai politik atau calon presiden yang akan bertarung pada Pemilu 2014. Secara organisasi, HMI harus independen.

"Kita (HMI) independen kalau secara institusi. Terkait masing-masing itu terserah," kata Ketua Umum PB HMI, Muhammad Arief Rosyid Hasan kepada Okezone, Senin (2/9/2013).

Menurutnya, HMI akan mengawal proses Pemilu 2014 untuk mengurangi disintegrasi bangsa dan mengurangi ketidakpercayaan masyarakat.

Sementara itu, Kabid Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan HMI Azis Udin menegaskan, HMI bukanlah pendukung salah satu partai politik atau organisasi masyarakat.

"Secara institusi kita tidak boleh (mendukung partai politik) dan mengerahkan dukungan," terangnya.

Independensi sudah tertuang dalam aturan main PB HMI. Hanya saja, lanjut dia, jelang Pemilu 2014, HMI akan mengeluarkan kriteria calon pemimpin ideal pengganti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kalau pemimpin ideal mungkin PB HMI bisa memberikan pencerahan. Mungkin untuk mengimbau calon pemimpin ideal, kita akan diskusikan. Kemudian ada tahapan untuk mengeluarkan kriteria itu," terangnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini