nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melenggang ke S1, UT Kucuri 40 Beasiswa ke Guru SD

Rahmi Djafar, Jurnalis · Selasa 03 September 2013 11:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 09 03 373 859856 CEHwjEamtx.jpg Ilustrasi. (Foto: times union)

MAKASSAR - Universitas Terbuka (UT) memberi beasiswa kepada 40 guru sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bantaeng. Beasiswa selama pendidikan hingga selesai tersebut dimaksudkan untuk membantu para guru yang mengambil program S1 jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

"Para guru penerima beasiswa tersebut diprioritaskan yang mengajar di tempat strategis (jauh dari kota)," ungkap Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Makassar, Andi Sylvana, Selasa (3/9/2013).

Menurut Andi Sylvana, guru yang mendapat beasiswa merupakan pemilik indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,5. Pada tahap awal ini, dari 100-an orang yang mendaftar, hanya 40 yang mendapat.

Ke-40 orang itu diperoleh berdasarkan hasil tes tulis dan wawancara. Ia berharap, ke depan semakin banyak guru yang memperoleh beasiswa agar memenuhi ketentuan, bahwa tenaga pengajar harus berpendidikan minimal S1. "Ketentuan tersebut diberlakukan 2015," ujarnya.

Ke depan, UT juga akan menggulirkan beasiswa bidik misi untuk alumni SMA yang kurang mampu namun berprestasi, tambahnya seraya berharap pelaksanaan Dies Natalis ke-29 yang dipusatkan di Bantaeng dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.

Pelaksanaan di daerah, merupakan kali pertama, namun ini diharapkan mendapat respons masyarakat sehingga lebih banyak lagi orang daerah yang memanfaatkan UT untuk melanjutkan pendidikannya.

Khusus di Kabupaten Bantaeng, jumlah mahasiswa yang aktif sekira 250-an dari 14.250 orang mahasiswa UT di Sulsel, namun jumlah alumni di Kabupaten Bantaeng di atas 2.000-an orang.

(ade)

Berita Terkait

Universitas Terbuka (UT)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini