"Jangan Jadikan Popularitas Kriteria Kepemimpinan"

Isnaini, Okezone · Minggu 08 September 2013 02:10 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 07 339 862413 5FvsKFOPvy.jpg Ketua DPD Irman Gusman (Foto:Okezone)

BATAM - Popularitas dan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk maju dalam pemilihan presiden 2014 terus meroket. Mantan Wali Kota Solo itu selalu merajai survei-survei politik meraih posisi teratas mengalahkan politisi senior lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman mengatakan calon pemimpin tidak seharusnya dipilih hanya karena kepopulerannya saja. Menurutnya, calon pemimpin tidak hanya membutuhkan kepopuleran saja, melainkan mempunyai visi misi yang jelas untuk bangsa Indonesia ke depan.

"Popularitas tidak berarti segalanya, popularitas itu tidak berbanding lurus dengan kepemimpinan negara, jangan menjadikan popularitas untuk menjadi kriteria kepemimpinan,"ungkap Irman di sela acara Kunjungan Kerja DPD di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (7/9/2013).

Pemimpin yang baik, lanjut Irman, yakni paham dalam bidang ekonomi, bidang-bidang lainnya, juga pemimpin yang bisa berdiri siatas semua golongan, pemimpin yang bisa menjadi sumber moral dan inspirasi rakyatnya. "Pemimpin yang mempunyai visi dan misi yang tepat," singkatnya.

Dikatakan Irman, masyarakat Indonesia cenderung mempunyai pola memilih yang sama, yakni dengan mengikuti tren yang kini sedang marak dan dengan mudah beralih kepada calon lain yang sedang naik daun.

"Populer itu kan ada tahunnya, tahun 2013 itu lagi tren blusukan, tahun 2014 nanti ada lagi, karena masyarakat Indonesia cepat berubah," jelas peserta yang lolos dalam pemilihan capres konvensi Partai Demokrat itu.

Hal terpenting saat ini adalah dengan memberi kan pendidikan politik kepada masyarakat Indonesia. Kata Irman, Masyarakat perlu diberi ruang untuk berdialoh dengan calon pemimpinnya. "Masyarakat janganlah melihat pekerjaan seorang pimpinan hanya ukuran blusukan," tegas Irman.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini