nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dentuman Keras Iringi Letusan Gunung Lokon

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Senin 09 September 2013 11:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 09 09 340 862819 x50nTJkb3X.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Gunung api Lokon di Kota Tomohon, Sulawei Utara, kembali meletus pagi tadi sekira pukul 06.30 Wita. Letusan ditandai dengan semburan material vulkanik setinggi 1.500 meter dari kawah Tompaluan.

Letusan kali ini diiringi dengan suara dentuman keras yang terdengar sampai 10 kilometer dari kawah. Abu letusan tertiup angin mengarah ke utara ke beberapa desa yakni Pineleng, Tateli, dan Tanawangko.

“Letusan disertai bunyi keras hingga terdengar di beberapa daerah, seperti Minahasa yang jaraknya 10 kilometer,” tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan yang diterima Okezone di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Letusan yang sudah sering terjadi itu tidak memaksa warga di sekitar gunung mengungsi. Mereka hanya keluar rumah untuk melihat letusan bahkan kejadian itu dinilai warga sekitar sebagai berkah, karena letusan itu membuat lahan pertanian subur sehingga meningkat produktivitas warga.

Atas letusan itu, status Lokon tetap berada di Level III (Siaga) yang sudah ditetapkan sejak 24 Juli 2011. Warga diimbau untuk tidak beraktivitas di radius 2,5 kilometer dari kawah.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini