Share

Fikom Unpad Terbaik Se-Indonesia

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Selasa 10 September 2013 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 09 373 863178 cgXaQyDxju.jpg Dari kiri-kanan: Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, Manager Bidang Pendidikan dan Kerja Sama Internasional FEB Unpad, Dr. Diana Sari, Pembantu Dekan III Fikom Unpad, Dr. Aceng Abdullah, dan Pembantu Dekan I Fikom Unpad, Dr. Atwar Bajari saat menerima

JAKARTA - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia Best School of Communications 2013. Hebatnya lagi, posisi teratas ini dipertahankan Fikom Unpad selama empat tahun berturut-turut.

Dalam pemeringkatan yang dilakukan Majalah Mix Marketing Communication tersebut, Fikom Unpad unggul dari perguruan tinggi negeri (PTN) penyelenggara pendidikan komunikasi lainnya. Fikom Unpad mengumpulkan nilai indeks total 8,19 dalam Indonesia Best School of Communications 2013 untuk kategori PTN Berakreditasi A.

Secara keseluruhan, Unpad juga mendapat peringkat ke-7 penyelenggara pendidikan komunikasi dan manajemen.

Dalam malam penganugerahan beberapa waktu lalu, Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., didampingi Pembantu Dekan I Dr. Atwar Bajari dan pembantu Dekan III, Dr. Aceng Abdullah, menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana mengatakan, Fikom Unpad menjadi favorit bukan hanya di tingkat universitas, tetapi juga Indonesia.

"Tahun ini Program Studi Ilmu Komunikasi menjadi program studi peringkat pertama dari 43 program studi tingkat S-1 di Unpad yang diminati calon mahasiswa, baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN," kata Deddy, seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (10/9/2013).

Deddy memaparkan, semua program studi (prodi) di Fikom Unpad meraih akreditasi A dari BAN PT Ditjen Dikti Kemendikbud. Raihan itu meliputi prodi di Program Diploma, Program Sarjana (Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan) hingga Program Magister Ilmu Komunikasi. Bahkan, tahun ini Program Magister Ilmu Komunikasi Fikom Unpad menjadi satu-satunya peraih akreditasi A dari 18 Program Magister Ilmu Komunikasi di seluruh Indonesia.

Kualitas Fikom Unpad sebagai penyelenggara pendidikan Ilmu Komunikasi terbaik se-Tanah Air, kata Deddy, juga dibuktikan dengan banyaknya akademisi mancanegara bertandang dan memberikan kuliah umum.

"Fikom semakin internasional. Akademisi dari berbagai negara di seluruh dunia memberikan kuliah umum, seminar, dan mengajar hingga setahun di Fikom," paparnya.

Tidak hanya itu, prestasi para dosen Fikom Unpad juga layak diacungi jempol. Tahun ini sejumlah dosen Fikom Unpad menulis di beberapa jurnal internasional dan melakukan riset postdoctoral di Australia dan di Belanda. Beberapa dosen lainnya juga aktif menjadi pembicara di konferensi internasional di Rusia, China, Thailand, dan Turki.

"Beberapa doktor baru akan segera pulang dari Australia, Belanda, dan Prancis. Sementara beberapa dosen lain sedang dan akan studi doktoral di Inggris, Jerman, dan Belanda. Ini pencapaian terbaik Fikom dalam sejarahnya selama 53 tahun,"  imbuh Deddy.

Selain Fikom Unpad, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad juga meraih prestasi dalam pemeringkatan ini, yakni menempati peringkat ke-enam nasional Indonesia Best School of Management 2013. Penghargaan diterima oleh Manajer Bidang Pendidikan dan Kerja Sama Internasional FEB, Dr. Diana Sari,SE, M.Mgt.

Pimpinan Redaksi majalah Mix Marketing Communications (Kelompok Media Swa) Kemal E Gani menjelaskan, pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan hasil survei di lima kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan dengan 2.100 responden. Para responden merupakan siswa berserta orangtuanya dan 155 perusahaan pengguna.

Berikut Peringkat Indonesia Best School of Communications 2013 untuk kategori PTN Berakreditasi A

1. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) dengan indeks total 8,19

2. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) dengan indeks total 8,09

3. Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan indeks total 7,99

4. Universitas Airlangga (Unair) dengan indeks total 7,62

5. Universitas Diponegoro (Undip) dengan indeks total 7.52; dan

6. Universitas Lampung (Unila) dengan indeks total 6.75.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini