Rapor Sempat Merah, HT Kini Berbagi Sukses di Depan Mahasiswa

Rus Akbar, Okezone · Senin 09 September 2013 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 09 373 863234 wTtexYcKM2.jpg CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat memaparkan kisah suksesnya. (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Mau sukses seperti CEO MNC Grup Hary Tanoesoedibjo (HT)? Pemilik media terbesar di Indonesia membagi resep suksesnya di hadapan ratusan mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera Barat.

HT berujar, untuk menjadi sukses harus memegang kunci sukses, sementara menjadi kaya adalah urusan Tuhan. "Kunci sukes pertama adalah fokus dalam satu pekerjaan, orang banyak gagal karena pekerjaan yang tidak fokus," ujarnya, di auditorium RRI Padang, Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Senin (9/9/2013).

Kunci sukses kedua adalah kecepatan. Seseorang akan gagal apabila sering mengulur waktu bekerja. "Ambil sikap dan keputusan yang cepat dan tepat jangan menunda-nunda sebuah pekerjaan," ucapnya.

Ketiga adalah intropeksi diri dari sebuah kesalahan dan kegagalan. HT bercerita jika dirinya ketika SD nilai rapornya merah semua. "Saya bukan murid terbaik, waktu SMA di Surabaya dulu saya sempat tidak lulus. Dari sana saya introspeksi diri dan akhirnya saya berhasil jadi lulusan terbaik," kata lulusan sarjana dan pascasarjana dari Kanada ini.

Kunci keempat, tambahnya, adalah konsisten dengan pekerjaan. "Jadi kalau sebuah usaha harus konsisten jangan berubah-ubah sebab dari sanalah kegagalan terjadi," katanya.

Kunci kelima adalah menyerahkan semuanya kepada Tuhan, karena Dialah yang memberikan kesuksesan itu kepada manusia. "Itulah kunci kesuksesan kita," ujarnya.

Kuliah umum tersebut disambut baik kalangan mahasiswa di Padang, mereka bahkan antusias memberikan pertanyaan kepada HT dalam kesuksesannya tersebut.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini