nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pascaletusan Sinabung, Warga Butuh Masker

Akbar Dongoran, Jurnalis · Minggu 15 September 2013 10:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 09 15 340 866213 HYlQenNhqP.jpg Warga di lereng Gunung Sinabung (foto: Koran Sindo)

MEDAN - Ribuan warga di sekitar Gunung Sinabung, yang memilih bertahan di rumah setelah terjadi letusan dini hari tadi, belum mendapatkan masker dari pemerintah. Sejumlah warga menggunakan kain seadanya, untuk melindungi diri dari debu vulkanik yang dimuntahkan gunung setinggi 2451 mdpl itu.

"Sampai saat ini belum ada apapun dari pemerintah. Jangankan makanan atau pakaian, masker pun belum ada. Padahal itu yang kami butuhkan sekarang. Abunya tebal sekali, kita sulit bernapas," terang Terkelin Sembiring, salah seorang warga Desa Kutagugung, yang terkena dampak letusan, Minggu (15/9/2013).

Terkelin juga mengatakan, hingga saat ini pemerintah belum memberikan arahan apapun kepada warga. Termasuk terhadap kekuatan dan dampak letusan. "Kita masih menunggu ini. Belum ada apapun informasi. Kami sudah cek melalui laman pemerintah, tapi enggak ada informasi apapun," jelasnya.

Hingga saat ini belum ada laporan terkait korban jiwa setelah meletusnya Gunung Sinabung. Namun ribuan warga telah mengungsi ke rumah kerabat, hingga ke balai-balai pertemuan di sekitar Kota Berastagi, yang berjarak sekitar 10 kilometer dari kawah.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini